KPU Kaimana Umumkan Hasil Verifikasi 5 Calon DPD RI

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KAIMANA, Honaipapua.com,- KPUD Kaimana secara resmi mengumumkan hasil verifikasi faktual dukungan pemilih perseorangan calon peserta pemilu anggota DPD provinsi Papua Barat kabupaten Kaimana yang dituangkan dalam berita acara dengan nomor:14/PL.01.1-BA/9208/KPU-KAB/VI/2018.

Ke lima calon anggota DPD Provinsi Papua Barat Kabupaten Kaimana yaitu,  Amos L Watori, Kariadi, SH,MH, Yance Samonsabra, Sopiah Maipauw, M. Sanusi Rahaningmas. Kelima calon ini sudah dinyatakan lolos verifikasi fakutal pertama. Sementara dua calon lainnya yang masih melalui tahapan verifikasi faktual pasca putusan Bawaslu adalah Filep Wamafma dan Abdulah Manarai. Keduanya masih dilakukan verfikasi fakutal tentang data dukungan perseorangan hingga saat ini.

Ketua KPUD Kaimana, John Philips Kiruwa melalui divisi hukumnya Oknis Tutuhatunewa, mengungkapkan, setelah pengumunan hasil verifikasi ini, maka akan dilanjutkan dengan penyerahan hasil, plus berita acara kepada KPU provinsi Papua Barat untuk tahapan selanjutnya.

” Kalau untuk lima calon yang sudah lolos ini, memang mereka sudah lalui tahapan verifikasi fakutalnya. Dan akan kita sampaikan ke provinsi tanggal 23-25 Juni besok. Sementara untuk dua calon lainnya, sesuai dengan jadwal akan diserahkan hasilnya ke KPU PB 28 01 Juli 2018 kepada KPU Papua Barat, “ungkapnya.

Terkait dengan hal ini, lanjut Oknis, KPUD dalam menjalankan tahapan ini sudah sesuai dengan prosedur/mekanisme yang ada, bagi seluruh calon DPD yang melalui tahapan verifikasi faktual tersebut.

” Kalau untuk verifikasi fakutal pertama ini, KPUD Kaimana melakukan pencocokan data identitas KTP dukungan baik itu nama maupun NIK dukungan. Dan diantara lima orang ini, dari masing-masing sampel dukungannya ada yang memenuihi syarat, tetapi ada juga yang tidak memenuhi syarat. Dan hasilnya itu akan kami sampaikan kepada KPU Provinsi Papua Barat, karena untuk menentukan lolos dan tidaknya itu adalah kewenangannya KPU Papua Barat. Kami hanya menjalankan verifikasinya faktualnya saja, ” tuturnya.

Dikatakannya, Data yang diperoleh dari hasil verfikasi tersebut, untuk calon Amos Watori jumlah sampel yang diverifikasi sebanyak 1 orang dan hasilnya adalah TMS. Kariadi jumlah sampel verifikasi dukungan 3 orang, dengan hasil (MS). Yance Samonsabra dengan sampel dukungan 2 orang dengan status TMS karena data dukungan tidak sesuai dengan e-KTP. Sopiah Maipauw jumlah sampel dukungan sebanyak 7 orang, 2 diantaranya TMS (tidak dapat ditemukan) dan 5 lainnya MS. Sementara calon atas nama Sanusi dengan jumlah sampel dukungan sebanyak 35 orang, 22 diantaranya MS (memenuhi syarat) dan 13 lainnya TMS, yang mana 7 diantaranya tidak dapat ditemukan dan 6 lainnya data dukungan tidak sesuai dengan e-KTP.

Namun demikian, tahapan verifikasi ini merupakan verifikasi pertama, dan akan dilanjutkan dengan verifikasi perbaikan.

” Kalau untuk verifikasi perbaikan ini pastinya kami akan mengikuti petunjuk dari KPU Provinsi Papua Barat, apakah kelima-limanya dilakukan verifikasi perubahan atau hanya beberapa saja. Ini tergantung keputusan KPU Papua Barat, “lanjut Oknis.

Selain itu, 7 calon DPD RI Provinsi Papua Barat dari kabupaten Kaimana ini akan bersaing dengan calon DPD dari kabupaten/kota lainnya di Papua Barat untuk memperebutkan 4 kursi yang sudah disediakan untuk provinsi Papua Barat. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *