KPU Kaimana Siap Akomodir Penggunaan Hak Pilih DPTb

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com – Untuk mengakomodir penggunaan hak pilih masyarakat yang ada di Kabupaten Kaimana, maka KPU Kabupaten Kaimana menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mengecek nama di TPS-nya masing-masing. Ketika namanya tidak masuk dalam DPT, maka yang bersangkutan bisa didaftarkan sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Kaimana, Chandra Kirana

DPTb ini adalah daftar pemilih yang telah terdaftar dalam DPT disatu TPS, yang karena keadaan tertentu, pemilih tidak dapat menggunakan hak pilihnya untuk memilih di TPS tempat yang bersangkutan terdaftar dan memberikan suara di TPS lain. Hal ini disampaikan oleh Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Kaimana, Chandra Kirana ketika dikonfirmasi di kantor KPU Kaimana, Sabtu (21/11) kemarin.

“Untuk DPTb ini sudah mulai berjalan, dan akan dilaksanakan sampai pada hari H. beberapa hari terakhir ini, kurang lebih satu minggu, sudah banyak juga yang datang mendaftar, bahwa namanya tidak ada di TPS domisilinya. Tetapi ketika kita cek namanya, namanya ada di DPT. Tetapi karena kemarin dia tinggal ditempat lain, dan sekarang di tempat lain, maka kita langsung sampaikan ke yang bersangkutan bahwa, pada hari H, dia memilih di TPS yang ada namanya tersebut. Jadi wajib hukumnya bagi pelaksana tingkat TPS untuk mengakomodir pemilih tersebut,” ungkapnya.

Kondisi seperti ini juga sudah diantisipasti oleh KPU Kaimana, untuk menghindari persoalan yang berpotensi akan terjadi pada saat hari H pelaksanaan pemungutan suara.

“Jadi nanti ketika kami laksanakan bimtek untuk KPPS juga kami akan tegaskan kepada mereka bahwa, bagi DPT atau DPTb yang namanya ada di TPS, maka wajib hukumnya untuk dilayani hak pilihnya,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi dan menjamin penggunaan hak pilih untuk warga yang sudah masuk dalam DPT, maka KPU juga akan menyiapkan transportasi bagi pemilih yang harus dialihkan ke TPS lain karena kehabisan kertas suara pada TPS yang bersangkutan terdaftar. Sehingga diharapkan hal ini dapat mempermudah pemilih untuk bisa menggunakan hak pilihnya, karena keterbatasan waktu yang disediakan yaitu dari pukul 12:00 – 13:00 WIT untuk DPTb.

“Apabila ada DPTb yang tidak mendapatkan kertas suara pada TPS-nya terdaftar, maka nanti akan kami alihkan ke TPS terdekat, dan oleh PPS diantarkan. Nanti, kami juga akan siapkan beberapa unit transportasi untuk memudahkan pemilih yang tidak mendapatkan kertas suara di TPS terdaftar, dialihkan ke TPS terdekat, karena diaturannya juga ada. Jadi untuk pemilih ini, betul-betul akan kami layani,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *