Ketua Bawaslu RI Monitor Langsung Bawaslu Kaimana Hadapi Sidang MK

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Sejak gugatan Perselisihan Hasil Suara (PHP) Bupati dan Wakil Bupati Kaimana Tahun 2020, yang dilayangkan oleh Kuasa Hukum Tim RISMA Pasangan Nomor Urut 02, persiapan demi persiapan terus dilakukan oleh Bawaslu Kaimana. Persiapan tersebut sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu di Kaimana, yang juga langsung dihadiri oleh salah satu staf Bawaslu RI, dan juga Bawaslu Provinsi Papua Barat.

Ketua Bawaslu RI Ketika Memonitor Langsung Persiapan Pemberian Keterangan oleh Bawaslu Kaimana di MK

Saat ini, persiapan pemberian keterangan pada saat sidang di MK tersebut terus dilakukan. Bahkan, Ketua Bawaslu RI, Abhan dan anggota Bawaslu RI Divisi Hukum, memberikan support dengan memonitor langsung kegiatan persiapan pemberian keterangan dari Bawaslu Kaimana, yang dilaksanakan di Kantor Bawaslu RI, Jumat (22/1) pukul 09:30 WIB.

Foto Kegiatan Persiapan Pemberian Keterangan oleh Bawaslu Kaimana di Kantor Bawaslu RI

Kehadiran Ketua Bawaslu RI dalam giat tersebut merupakan salah satu bentuk dukungan yang sangat dirasakan oleh Bawaslu Kabupaten Kaimana, menjelang sidang pendahuluan di MK yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

“Untuk kegiatan persiapan pemberian keterangan saat sidang di MK ini, kebetulan untuk Provinsi Papua Barat dijadwalkan hari ini, dan Bawaslu Kaimana juga sudah melakukan persiapan yang juga dipantau langsung oleh Bawaslu Provinsi Papua Barat. Tadi juga, pendampingan dilakukan oleh staf bagian hukum Bawaslu RI dan dimonitor langsung oleh Ketua Bawaslu RI,” ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong Sabon, SE ketika dikonfirmasi melalui telepon celularnya.

Terkait dengan penyampaian keterangan sebagai pihak pemberi keterangan pada sidang pendahuluan di MK nanti, lanjut Karolus, keterangan sudah disusun dan mengacu pada Perbawaslu Nomor 22 Tahun 2018.

“Untuk keterangan yang kami buat, sesuai dengan format Peraturan Bawaslu tentang tata cara pemberian keterangan di MK. Jadi kami sudah susun keterangan tersebut, dan kami akan memberikan keterangan terkait pengawasan dan tindak lanjut penanganan pelanggaran, sesuai dengan dalil permohonan yang diajukan,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa, Bawaslu Kaimana sudah mendapatkan pemberitahuan atau undangan tentang jadwal sidang pendahuluan gugatan di MK.

“Untuk panggilan atau undangan pemberian keterangan pada sidang pendahuluan di MK, kami sudah dapatkan itu, dan masyarakat juga bisa langsung mendapatkan infonya di website resmi MK. Untuk Kaimana sendiri sidang pendahuluan ini akan dilaksanakan tanggal 29 Januari nanti, kurang lebih pukul 16:30 WIB. Karena sidangnya ini juga menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat, sehingga dari kami juga hanya diminta dua orang yang hadir, dan kami juga harus melakukan rapid anti gen. Sehingga kemungkinan rapid anti gen ini akan kita laksanakan kembali,” tuturnya.

Karel juga mengatakan bahwa, Bawaslu Kaimana siap untuk memberikan keterangan jika memang sidang gugatan tersebut lanjut ke pemeriksaan.

“Jadi kita hadir sidang pendahuluan. Kita menghadiri itu. Kalau memang nantinya lanjut ke pemeriksaan, maka kita juga siap untuk memberikan keterangan disidang lanjutannya. Itu semua kan kewenangan MK, jadi kami siap menyesuikan jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk memberikan keterangan,” ungkapnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *