Kejar Target, Disdukcapil Tetap Optimalkan Pelayanan

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Hak pilih dalam pemilu merupakan hak setiap warga Negara yang dijamin oleh undang-undang. Negara juga menjamin agar warga bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan pilihannya masing-masing, tanpa intervensi dari pihak manapun.

Dari pemilu ke pemilu, pemerintah juga turut mengambil langkah dengan mengakomodir seluruh pemilih untuk bisa memiliki administrasi kependudukan.

Apalagi saat ini, pemilih pada pemilu harus menggunakan e-KTP baru bisa menggunakan hak pilihnya. Untuk itu, pemerintah mulai dari pusat hingga daerah terus berupaya maksimal untuk menjamin hak masyarakat ini dengan mengakomodir seluruh warga yang sudah memenuhi kriteria sebagai pemilih, dengan menyiapkan KTP bagi mereka.

Hal ini sejalan dengan apa yang dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kaimana saat ini, ditengah pandemi Covid-19. Saat ini, disdukcapil turun ke kampung-kampung dengan maksud mengakomodir seluruh warga yang sudah mempunyai hak pilihnya dengan mendata dan menyiapkan KTP maupun Kartu Keluarga.

“Walaupun ditengah pandemi corona, tetapi kami tetap usahakan untuk optimal dalam melakukan pelayanan. Memang benar dan fakta yang terjadi bahwa kami mengalami kehabisan blanko. Tetapi hal ini bukanlah kendala yang berarti, karena kami pasti akan memberikan pelayanan optimal sebelum hari H Pilkada,” ungkap Kepala Seksi Pengawasan dan Penelitian Data Kependudukan Disdukcapil Kaimana, Steven Lawalata ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, belum lama ini.

Dirinya juga mengatakan bahwa pasti ada tanggapan dari warga soal pendataan warga ini, pasalnya saat ini bersamaan dengan musim pilkada. Tetapi dirinya menegaskan bahwa disdukcapil tidak mempunyai kepentingan apa-apa dalam mendata masyarakat Kaimana ini, terutama yang ada di kampung-kampung.

“ Sudah menjadi petunjuk dari pemerintah pusat kepada kami untuk optimalkan pelayanan, sehingga saat sekarang pun kami tetap laksanakan pelayanan. Kami tidak punya kepentingan apa-apa. Tugas kami hanya memastikan warga yang punya hak pilih bisa mendapatkan KTP ataupun KK. Tetapi karena saat ini blankonya habis, sehingga kami akan berikan surat keterangan sementara dan KTP maupun KK-nya akan menyusul,” ungkapnya.

Dirinya juga berharap agar masyarakat yang belum memiliki KTP, bisa segera mengurusnya di Disdukcapil Kaimana.

“ Untuk saat ini memang kami terus melakukan pelayanan. Kami juga sudah diberikan target dari pemerintah pusat. Sehingga kami akan kejar itu. Kami murni memastikan bahwa seluruh warga Kaimana yang harus punya KTP bisa memiliki KTP. Sehingga ketika ada urusan baik itu bantuan maupun urusan lainnya, mereka bisa mendapatkan kemudahan,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *