Juli Seluruh Bupati Se-Papua Barat ke Menpan-RB Tanyakan Hasil Test CPNS

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KAIMANA,Honaipapua.com,- Sampai dengan saat ini kepastian pengumuman test CNPS untuk formasi tahun 2018, belum juga diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Menindaklanjuti hal ini, maka beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Provinsi Papua Barat menggelar rapat koordinasi yang diikuti oleh seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua Barat. Dari Kabupaten Kaimana diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kaimana, Rita Teurupun, S.Sos.

Ketika dikonfirmasi terkait hasil pertemuan tersebut, Sekda Rita, menjelaskan, bahwa pertemuan tersebut untuk melihat kembali prosentase keterwakilan, yakni, 80 untuk putera daerah dan 20 untuk pelamar umum.

“ Pertemuan beberapa waktu lalu di Manokwari ini untuk melihat kembali keberpihak putera daerah dan pelamar umum yakni 80:20 itu. Dan waktu itu memang kami membahas juga soal capaian nilai test yang sudah ditentukan oleh kemenpan,” ungkapnya.

Lanjut Sekda Rita, standarisasi nilai yang ditetapkan oleh Kementerian ini, belum bisa dijangkau oleh peserta test khususnya dari putera asli Papua. “ Kalau kita lihat hasil test dan kita sandingkan dengan standar nilai dari kementerian, maka banyak anak kita yang termasuk dalam kategori putera daerah tidak bisa menjangkau itu. Oleh karena itu, dibicarakan bagaimana solusi terbaiknya,” ujarnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa saat itu belum ada keputusan dari Gubernur PB, karena pada saat rapat, beliau sedang dinas luar. “ Pada waktu pembahasan kemarin juga, pak Gubernur tidak ada, karena ada dinas luar, sehingga dipimpin langsung oleh Pak Sekda. Banyak hal yang kami bicarakan saat pertemuan kemarin,” tuturnya.

Sementara itu, ketika disinggung soal solusi yang didapatkan terhadap persoalan hasil test ini, lanjut Sekda Rita, setiap daerah diminta untuk kembali ke daerahnya masing-masing, sambil mempersiapkan data-data yang nantinya akan disampaikan langsung kepada pihak kementerian.

“ Waktu itu, solusinya adalah masing-masing daerah diminta untuk mempersiapkan data hasil test. Data hasil test ini nantinya akan kami bawa ke Kemenpan, pada tanggal 30 Juli mendatang. Rencananya seperti itu, dan sudah disepakati seluruh kabupaten/kota yang ada di Provinsi Papua Barat. Kalau untuk kita di Kabupaten Kaimana, data-data itu sudah ada. Tinggal nanti tanggal 30 Juli, kita akan presentasikan data ini kepada pihak kementerian,” pungkasnya.

Sementara itu, sampai dengan saat ini peserta test CPNS yang sudah mengikuti test beberapa waktu yang lalu, terus bertanya-tanya, kapan akan diumumkan hasil test. “ Kalau untuk pengumuman ini kan, kita harus menunggu kebijakan dari pemerintah pusat. Tetapi kemarin sempat dibicarakan juga dan diputuskan bahwa pengumuman hasil test CPNS formasi 2018 ini, akan diumumkan secara serentak diseluruh kabupaten/kota, “lanjutnya.

Bupati Kaimana, Drs.Matias Mairuma beberapa waktu lalu di Kaimana pun menanggapi hasil test yang sudah diterimanya. Namun hasil test tersebut menunjukkan bahwa, masih ada suku asli Kaimana yang nilainya belum memenuhi standarisasi nilai yang ditentukan oleh kemenpan.

” Untuk itu, dirinya sangat berharap agar ada kebijakan khusus bagi Papua Barat, termasuk Kabupaten Kaimana, agar bisa mengakomodir putera daerah dari masing-masing suku untuk duduk di birokrasi pemerintahan Kabupaten Kaimana, “harap Bupati. (edd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *