Hindari Kerumunan, KPU Batasi Peserta Debat Kandidat

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Untuk menjamin kelancaran pelaksanaan debat kandidat Pilkada Kaimana yang akan diselenggaran Sabtu (14/11) besok, pukul 19:00 WIT sampai selesai, di gedung pertemuan Krooy Kaimana, maka pihak penyelenggara yakni KPUD Kabupaten Kaimana membatasi peserta yang akan hadir didalam lokasi debat kandidat ini.

Divisi SDM KPUD Kaimana, Talib Ali Fidmatan

Hal ini disampaikan oleh Divisi SDM KPUD Kabupaten Kaimana, Talib Ali Fidmatan ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (11/11) kemarin. Talib menjelaskan bahwa pembatasan peserta debat kandidat ini sudah diatur dalam regulasi, karena saat pelaksanaan debat kandidat ini, masih dimasa pandemi Covid-19.

“Untuk debat kandidat sendiri, sangat dibatasi pesertanya. Jadi sesuai dengan regulasi itu, pesertanya hanya terdiri dari pasangan calon masing-masing pasangan empat orang, tim sukses masing-masing dua orang, Bawaslu Kaimana dua orang dan KPU lima orang. Sehingga nanti pada saat debat, jumlah orang yang ada di dalam gedung itu hanya kurang lebih 19 orang, plus beberapa anggota kepolisian dan tenaga teknis KPU, dan teman-teman pers. Jadi selain itu, dilarang untuk masuk ke lokasi debat kandidat besok,” ungkapnya.

Talib juga menjelaskan bahwa, lokasi di luar ruangan debat kandidat pun, diusahakan untuk tidak terjadi kerumunan massa.

“Kemarin pada saat rapat koordinasi, ada tim yang menginginkan agar dipasang layar lebar di luar gedung. Tetapi karena pertimbangan ini dan itu dari teman-teman KPU, sehingga diputuskan untuk tidak ada kerumunan massa. Lagian kan, debat kandidat ini juga disampaikan ke public secara live even baik melalui akun fb resmi KPUD Kaimana, maupun website resmi KPUD Kaimana. KPU juga akan menayangkan secara live audio melalui siaran RRI Kaimana. Sehingga masyarakat bisa menyaksikan debat kandidat ini melalui saluran-saluran tadi. Kalau untuk TVRI kita gunakan TVRI Papua, dan akan dengan tayangan tunda,” ujarnya.

Ketika disinggung soal, originalitas tayanganan ulang TVRI Papua, lanjut Talib, KPUD Kabupaten Kaimana menjamin bahwa tayangan tunda yang akan disampaikan melalui TVRI benar-benar original dan tidak ada unsure editan video debat kandidat tersebut,” lanjutnya.

Sementara itu, debat kandidat pasangan calon pilkada Kaimana ini akan berlangsung selama 120 menit. Untuk segmen debat kandidat sendiri KPU menyiapkan 90 menit dan akan dibagi kedalam 4 sesi. Sementara sisa waktunya digunakan untuk persiapan, pembukaan oleh MC, dan penutup. “Untuk segmen inti, dibagi dalam empat segmen. Dan khusus untuk debatnya, ada 4 sesi yang disediakan oleh moderator. Sementara untuk topiknya, sedikit bocoran bahwa ada 4 topik yang akan diperdebatkan dalam debat kandidat ini, sesuai dengan tema utama debat kandidat kita,” ujarnya.

Terkait dengan panelis, lanjut Talib, KPUD Kabupaten Kaimana menggunakan 4 panelis dari Universitas Papua. “Untuk empat panelis ini memang kami sengaja memilih Universitas Papua. Dan tentunya, mereka-mereka ini adalah orang-orang yang kompeten dan sudah pernah juga dipakai untuk beberapa even debat kandidat pasangan calon. Untuk moderatornya, kita pakai salah satu dari tenaga panelis yang sudah ditentukan ini. Kami sangat berharap agar seluruh masyarakat bisa menyaksikan tayangan live debat ini melalui saluran yang sudah kami sediakan, masing-masing tim pasangan calon harus bisa memahami bahwa tidak ada konsentrasi massa. Karena hal ini kami sudah sampaikan pada saat rapat koordinasi dengan kedua tim. Kami juga berharap agar dua pasangan calon ini bisa mempersiapkan dirinya dengan baik, sehingga debat kandidat yang akan dilaksanakan Sabtu besok ini, bisa berjalan dengan lancar dan tentu dengan hasil yang maksimal,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *