DPS Pilkada Kaimana Ditetapkan Sebanyak 30.385 Pemilih

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Setelah melakukan pemutakhiran data pemilih untuk pilkada Kabupaten Kaimana oleh PPS beberapa waktu yang lalu, akhirnya KPU Kabupaten Kaimana menetapkan jumlah DPS pada pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Kaimana tahun 2020, sebanyak 30.385 Pemilih dari 172 TPS yang ada di Kaimana.

Penyerahan Hasil Pleno DPS Tingkat Kabupaten dari Ketua KPU Kaimana kepada Bawaslu Kabupaten Kaimana

Data ini merupakan data berdasarkan sidalih, dimana dari 7 distrik, hanya 1 distrik yang menggunakan sidalih karena akses jaringan untuk enam distrik lainnya belum tersedia. Namun pemutakhiran data pemilih tetap dilakukan oleh PPS secara manual dan mendapatkan jumlah DPS untuk 7 distrik sebanyak 42.164, dimana pemilih laki-laki sebanyak 21.782 pemilih, dan pemilih perempuan sebanyak 20.382 pemilih.

Dari hasil data pemilih yang didapatkan dengan cara manual ini. Ketika disinkronkan dengan data yang ada di sidalih, maka masih banyak pemilih yang akhirnya tidak bisa masuk, karena terdapat data yang ganda.
Untuk itu, KPU Kaimana menetapkan DPS untuk pilkada Kaimana tahun 2020 sebanyak 30.385 Pemilih dengan rincian, pemilih laki-laki sebanyak 15.325 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 15.060 pemilih. Setelah pleno tingkat kabupaten ini, maka akan masuk dalam tahapan selanjutnya yakni; uji publik dan meminta tanggapan masyarakat yang akan dilaksanakan dari tanggal 19 September hingga 26 September mendatang.

“Dengan DPS yang kita tetapkan saat ini, maka kami sangat berharap kepada seluruh partai politik, untuk proaktif menyampaikan laporan kepada kami, manakala ada pemilih yang belum masuk dalam DPS. Begitu juga dengan seluruh masyarakat yang ada di Kaimana, untuk mengecek namanya pada daftar pemilih yang akan ditempelkan dimasing-masing TPS. Kami sangat mengharapkan masukkan soal data pemilih ini,” ungkap divisi program dan data KPU Kaimana, Chandra Kirana.

Sementara itu, Hasan Siwasiwan, Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Kaimana, meminta kepada KPU agar terus melakukan perbaikan demi perbaikan dari data pemilih ini.

“Data pemilih ini adalah jantung dari pemilu, sehingga harus dipastikan agar seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih dalam pemilu, dapat menggunakan hak pilihnya pada pilkada kali ini. Kami juga akan melakukan hal yang sama yaitu pengawasan tahapan pemutakhiran dan perbaikan data pemilih ini,” ujarnya.

Menanggapi DPS yang sudah ditetapkan ini, Endi Bless salah satu perwakilan Parpol yang juga ikut hadir dalam pleno DPS, mengatakan bahwa, jika dibandingkan dengan data pemilih pada pemilu kali lalu sangat jauh selisihnya.

“Kalau kita bandingkan dengan data pemilih pada pemilu kali lalu, maka sangat jauh berbeda dengan jumlah DPS yang ditetapkan hari ini. Kami hanya berharap agar, kalau bisa semua masyarakat yang memiliki hak pilih, dapat menggunakan hak pilihnya pada pilkada tahun ini. Kami juga akan terus mengawal agar, data pemilih ini adalah data yang benar-benar akurat,” ungkapnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *