Dinas LH Gandeng Berbagai Pihak Lakukan Gerakkan Jaga Laut

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat terutama masyarakat yang bermukim ataupun masyarakat yang beraktifitas di sekitar pasar ikan, tentang kebersihan lingkungan, maka Dinas Lingkungan Hidup dan beberapa pihak lainnya melakukan aksi bersih pasar ikan, terutama pinggir pantai dekat dermaga mini pasar ikan.

Salah Satu Foto Gerakkan Jaga Laut

Kegiatan yang diramu degnan ‘Gerakkan Jaga Laut’ ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh tanggal 28 Oktober yang lalu.

Kegiatan ini sendiri melibatkan 100-an pemuda dan pemudi, baik dari pemuda pemudi dari denominasi gereja, OCP Cenderawasih, SMK Negeri 2 Kaimana, Eco Nusa, dan sebagian masyarakat yang berada di lokasi kegiatan.

Kepala Seksi Amdal Dinas LH Kabupaten Kaimana, Binsar Sitanggang, S.SI,MM

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Seksi Amdal Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kaimana, Binsar Sitanggang, S.SI,MM ketika dikonfirmasi melalui telepon celularnya, Selasa (3/10).

Menurutnya, kegiatan semacam ini harus terus digalakkan, khususnya untuk pemuda pemudi yang ada di Kabupaten Kaimana, yang juga merupakan garda terdepan pembangunan di Kabupaten Kaimana.

“Kami memberikan apresiasi yang tinggi untuk seluruh pemuda pemudi yang tadi bergabung bersama kami dalam kegiatan pembersihan lokasi sekitar pasar ikan, yang selama ini menimbulkan bau menyengat bagi masyarakat yang melewati pasar ikan. Kami juga memberikan apresiasi untuk Eco Nusa yang sudah terlibat dalam kegiatan ini. Kegiatan ini mungkin dilihat oleh beberapa pihak bahwa ini kegiatan yang kecil, tetapi dari kegiatan kecil inilah yang bisa menimbulkan ataupun menciptakan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan yang bersih,” ungkapnya.

Binsar juga mengatakan bahwa, kehadiran berbagai pihak dalam kegiatan ini menunjukkan bahwa, kesadaran pemuda pemudi di Kabupaten Kaimana akan kerbersihan lingkungan sudah mulai meningkat.

“ Dari kegiatan tadi, dapat kami simpulkan bahwa kepedulian dan kesadaran masyarakat kita akan kebersihan lingkungan ini sudah semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hanya sebagian kecil orang saja yang masih belum sadar dan kurang peduli terhadap kebersihan linkungan,” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar, kegiatan bersih-bersih lingkungan ini tidak hanya dilakukan pada saat moment-moment tertentu, tetapi menjadi kebutuhan setiap masyarakat, tidak hanya dilokasi pasar ikan ataupun pasar sayur, tetapi juga dilakukan dimasing-masing lingkungannya.

Mudah-mudahan kegiatan dari pasar ini, bisa menumbuhkan semangat kepedulian lingkungan masyarakat kita yang ada di Kaimana ini. Semoga kegiatan serupa bisa diikuti oleh kelompok-kelompok masyarakat yang lain, bahkan RT-RT dengan memberdayakan seluruh anggota masyarakatnya. Mari kita ciptakan Kaimana bersih dari sampah, dan bebas dari sampah plastik. Kita semua mempunyai tanggung jawab untuk kerbersihan kota Kaimana ini, bukan hanya pemerintah daerah, tetapi semua pihak. Kita semua bisa hidup nyaman di Kaimana ini, kalau lingkungan kita bersih dari sampah,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *