Diknas Pastikan SD,SMP Masuk Sekolah Agustus, TK/PAUD Oktober 2020

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Dinas Pendidikan Kabupaten Kaimana akhirnya mengeluarkan edaran tentang dimulainya aktifitas kegiatan belajar mengajar di sekolah, mulai tingkat TK, SD, dan SMP. Untuk jenjang SD dan SMP, kegiatan belajar mengajarnya akan dimulai bulan Agustus mendatang. Sementara untuk TK/PAUD baru akan dimulai pada bulang Oktober.

Hal ini ditegaskan oleh PLT Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kaimana, Luther Rumpumbo, S.Pd ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Senin (20/7).

” Hari ini edaran sudah dibuat dan akan diedarkan terkait dengan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah sekolah. Untuk SD dan SMP, direncanakan bulan Agustus ini sudah mulai berjalan. Kalau untuk tingkat PAUD dan TK rencananya baru akan dimulai pada bulan Oktober mendatang,” ungkapnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa, walaupun edaran sudah diterbitkan dan sekolah akan melaksanakan aktifitas belajar mengajar, namun harus tetap disesuaikan dengan kondisi daerah, khususnya terkait dengan penyebaran Virus Covid-19.

“ Walupun aktifitas KBM sudah berjalan tetapi sewaktu-waktu bisa akan ada edaran terbaru. Artinya disesuaikan. Kalau memang tidak memungkinkan lagi, maka aka nada edaran terbaru lagi,” ujarnya.

Ketika disinggung bahwa jika dalam perjalanan kemudian ada edaran terbaru, maka akan dicarikan solusi terbaiknya.

“ Kalau memang dalam perjalanan lalu ada edaran terbaru lagi bahwa belajar dari rumah, maka pastinya akan diterapkan sekolah berbasis online. Tentunya ini juga akan disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing dan daerah masing-masing, sesuai dengan keterjangkauan jaringan. Kalau untuk sekolah yang dikampung, kalau diterapkan belajar dari rumah, maka guru wajib memberikan semacam modul atau bahan belajar untuk peserta didik, sehingga walaupun dari rumah, mereka masih tetap belajar,” lanjutnya.

Dirinya juga meminta kepada orangtua wali murid dan juga seluruh pihak sekolah untuk tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Sudah jelas bahwa KBM berjalan tetapi harus dengan protokol kesehatan, misalnya, menggunakan masker, dan juga jaga jarak saat KBM berlangsung, sesuai dengan petunjuk dari pemerintah pusat,” tuturnya.

Dirinya berharap agar seluruh sekolah bisa optimal dalam memeberikan pelajaran kepada peserta didik. “Walaupun kita masih dihantui dengan Covid-19 ini, tetapi kami himbau supaya seluruh guru bisa optimal dalam memberikan pelajaran, karena KBM berjalan sesuai dengan perkembangan kondisi yang terjadi di daerah. Sehingga waktu yang ada ini kami harapkan bisa dipergunakan dengan baik,” pungkasnya.(edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *