Bupati Maybrat ikut Ibadah Pemakaman Jenasah Almarhum Maikel Kareth Korban Penembakan di Jayapura

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Maybrat Honaipapua.com, -Bupati Maybrat Drs.Bernard Sagrim MM, ikut ibadah pemakaman Jenasah Almarhum Maikel Kareth dimakamkan ditempat pemakaman umum kampung lama Karethtubun distrik Ayamaru Utara, kabupaten Maybrat, Rabu (4/9/2019).

Bupati Maybrat Drs.Bernard Sagrim.MM mewakili pemerintah dan masyarakat kabupaten Maybrat dalam sambutannya, marilah kita selaku umat percaya patut mengucap syukur kepada tuhan yang maha kuasa, sebab kita bisa berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat, karena kuasa tuhan walaupun kita berkumpul di tempat ini dalam suasana duka.

” Atas nama pemerintah pusat maupun atas nama pemerintah daerah, yang ada diatas tanah Papua lebih khususnya lagi, kami dari pemerintah daerah kabupaten Maybrat mengucapkan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya anak kami, saudara kami almarhum Mikael Kareth, “ungkap Bupati.

Kata Bupati, kemarin di Manokwari saya sempat sempat bertemu dengan bapak Kapolri dan bapak Panglima TNI, terus kedua Jendral tersebut menanyakan kepada saya, bapak Bupati bagaimana keadaan di kabupaten Maybrat ? dan saya menjawab mohon ijin bapak Jendral, sampai dengan saat ini situasi wilayah kabupaten Maybrat masih dalam keadaan aman.

” Bapak Kapolri dan bapak Panglima TNI meminta kepada saya untuk memberikan jaminan keamanan di kabupaten Maybrat karena mereka akan ke Jayapura untuk melihat masalah ini, itu tanda nya kematian almarhum Mikael Kareth ini mendapat perhatian kusus secara nasional, “Kata Bupati Bernard Sagrim.

Dikatakan Bupati, pesan dari bapak Kapolri dan panglima TNI juga mereka mengapresiasikan kepada pihak keluarga almarhum karena keluarga bisa menerima kematian anak mikael kareth dengan hati yang iklas sehingga jenasah bisa tiba di maybrat sini dalam keadaan lancar dan aman.

” Jadi saya minta kepada seluruh masyarakat maybrat, tidak boleh ada gerakan tambahan lagi untuk membuat onar atau tindakan anarkis pasca meninggalnya Almarhum ade Mikael Kareth, dan mari kita semua serahkan permasalahan ini kepada pihak keamanan untuk mengusut tuntas masalah ini, “imbuh Bupati.

Bupati Bernard Sagrim menghimbau, Saya sebagai Bupati kabupaten maybrat menghimbau dan meminta kepada seluruh masyarakat Maybrat agar mari kita sama-sama membantu pihak kemanan menjaga kamtibmas di atas tanah Maybrat ini lebih luasnya di atas tanah papua, “tutup Bupati Bernard Sagrim.

Yance Kambuaya salah satu tokoh Maybrat di Jayapura dan juga panitia Pengantar jenasah Almarhum Mikael kareth dari Jayapura, menyampaikan, dirinya dari Jayapura dipercayakan sebagai perwakilan masyarakat Maybrat di Jayapura, untuk memediasi setiap perkumpulan dan permasalahan-permasalahan masyarakat Maybrat di Jayapura.

Pada prinsipnya pimpinan-pimpinan daerah di jayapura meminta kami untuk memakamkan almarhum di jayapura saja karena mereka mempertimbangkan satu dan lain hal terkait situasi kamtibmas jika almarhum di kuburkan di maybrat sini, tetapi karena orang tua kandung almarhum mendesak kami untuk membawa jenasah almarhum untuk di makamkan di maybrat sini jadi kami meminta lagi kepada unsur pimpinan daerah di jayapura untuk membawa jenasah almarhum ke orang tua kandungnya disini.

Para unsur pimpinan daerah mengijinkan kami membawa jenasah almarhum ke orang tua kandungnya disini, tetapi dengan catatan kami harus menjaga keamanan dan ketertiban sampai jenasah tiba di kampung karetubun, Distrik Ayamaru Utara, kabupaten Maybrat.

Kepada bapak Bupati dan pimpinan pihak keamanan TNI/POLRI yang ada di sini, kami mengantar jenasah almarhum sampai ke sini tidak ada maksud apa-apa, tetapi karena orang tua kandung almarhum mendesak kami untuk jenasah almarhum di makamkan disini, jadi, kami berusaha sekuat kemampuan kami untuk bisa membawa jenasah almarhum sampai ke orang tua kandungnya disini.

” Kami juga nanti balik ke Jayapura akan melaporkan kepada bapak Gubernur Papua dan bapak Kapolda papua bahwa kami sudah mengantar almarhun sampai aman dan lancar tiba di orang tua kandungnya disini, “Ujarnya.

Selain itu ditambahkan Amos karet.SH yang juga sebagai orang tua Almarhum, katakan, ” Kita berkumpul di tempat ini karena suatu peristiwa penting yang terjadi secara nasional sampai ke daerah yang membuat almarhum anak kami ini sampai, “tuturnya.

Kata Amos, walaupun kemarin segenap element masyarakat, mahasiswa datang ke kami untuk meminta kami membuat aksi di kota Sorong, karena anak kami Maikel Kareth ini telah meninggal di Jayapura, tetapi kami pihak keluarga mengambil keputusan kalau di Jayapura sudah aman, berarti sampai di Sorong juga harus aman dan sampaik ke Maybrat sini juga harus aman.

Setelah proses pemakaman almarhum selesai, kami dari pihak kelurga besar almarhum meminta kepada LSM, unsur pimpinan daerah, Unsur pimpinan TNI/POLRI agar permasalahan sampai meninggalnya almarhum harus di usut sampai tuntas dan terbuka untuk umum.

” Kami pihak kelurga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Maybrat, dan semua pihak yang sudah membantu kami sampai jenasah almarhum sudah bisa ada di orang tua kandungnya disini untuk di makamkan.”ujar Amos kareth. (ones)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *