Bawaslu: ‘Kami Tetap Mengacu PKPU 10’

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Walaupun PKPU Nomor 10 Tahun 2020 yang merupakan perubahan atas PKPU Nomor 6 dan baru diterapkan beberapa hari sebelum pendaftaran pasangan calon pada pilkada tahun 2020 ini, namun hasil test Swab merupakan persyaratan utama yang harus dilengkapi oleh seluruh bakal calon.

Pasca rapat koordinasi antara KPU Kaimana, Bawaslu, Partai Politik di kantor KPUD Kaimana, Rabu (2/9), Bawaslu berharap agar partai politik ataupun pasangan calon harus jemput bola yakni dengan mengurus test swab. Pasalnya, sesuai dengan PKPU Nomor 10 Tahun 2020, test Swab merupakan keharusan dan wajib dipenuhi dan dibawa saat pendaftaran pasangan calon di KPU Kaimana.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong Sabon, SE

Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong Sabon, SE ketika dikonfirmasi di Kantor KPU Kaimana usai rapat koordinasi tersebut menegaskan bahwa, Bawaslu akan tetap berpatokan pada PKPU terbaru tersebut.

“ Walaupun PKPU ini baru ditetapkan dan dilaksanakan beberapa hari sebelum pendaftaran ini, namun regulasi ini tetap akan menjadi acuan kami dalam melakukan pengawasan. Sehingga sudah menjadi keharusan partai politik maupun pasangan calon yang mendaftar harus menyertakan atau menunjukkan hasil test Swab pada saat pendaftaran di KPU Kaimana,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa, Bawaslu tetap melakukan pengawasan pada saat pendaftaran pasangan calon sehingga, hal ini harus diperhatikan baik oleh KPU Kaimana, maupun seluruh pasangan calon yang akan mendaftar nanti di tanggal 4 September 2020.

“Dalam regulasi sudah dijelaskan dengan tegas bahwa ketika melakukan pendaftaran, pasangan calon wajib menunjukan hasil test Swab, dan jika tidak ada hasil test Swab, maka secara otomatis, pasangan calon tidak akan melanjutkan proses selanjutnya. Sehingga kami harapkan kepada seluruh pasangan calon atau partai politik untuk segera mengurus test Swab. Kami hanya melakukan tugas pengawasan dan sekali lagi, bahwa kami hanya melakukan pengawasan, termasuk implementasi dari PKPU Nomor 10 Tahun 2020 ini,” ujarnya.

Syem Makatitta, Salah Satu Anggota Pokja Pengawasan Tahapan Pencalonan Gakkumdu Kabupaten Kaimana

Sementara itu, Syem Makatita, salah satu anggota Pokja Pengawasan Tahapan Pencalonan Sentra Gakkumdu Kabupaten Kaimana mengatakan bahwa, hasil test Swab ini merupakan syarat yang harus dibawa pada saat pendaftaran.

“Sesuai dengan regulasi, pasangan calon harus menunjukan hasil test Swab pada saat pendaftaran. Karena jika salah satunya tidak membawa surat ini, maka dinyatakan tidak siap dan pastinya tidak bisa dilanjutkan ke tahapan berikut. Artinya, kami berharap agar hasil test Swab ini bisa diperhatikan oleh seluruh pasangan calon. Jangan sampai ketika nanti datang mendaftar dan tidak membawa hasil test Swab lalu tidak bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya,” ujarnya.

Dirinya juga berharap agar pasangan calon bisa mengurus test Swab dalam waktu beberapa hari ke depan.

“ Karena test Swab ini adalah syarat wajib yang harus dipenuhi, maka kami berharap partai politik maupun pasangan calon serta tim suksesnya masing-masing, bisa mengurusnya. Karena kalau hanya berharap pada koordinasi KPU Kaimana dengan KPU PB maupun KPU RI, belum tentu ada pengecualian terkait hasil test swab ini. Sehingga perlu diantisipasi sejak awal, agar pada saat pendaftaran sudah tidak ada lagi kendala. Kami juga berharap agar KPU Kaimana bisa terus melakukan koordinasi dengan seluruh partai politik atau tim paslon bahwa syarat ini adalah syarat wajib yang harus dipenuhi pada saat pendaftaran. Tidak mungkin KPU melanggar sendiri peraturannya sendiri. Sehingga pengurusan test Swab ini harus dilakukan. Kalau nanti pada saat pendaftaran ada paslon yang tidak membawa hasil test Swab dan KPU memutuskan menerima paslon tersebut, maka secara otomatis, itu akan masuk dalam salah satu pelanggaran. Olehnya kami berharap paslon ataupun tim bisa segera mengurus test Swab ini,” pungkasnya.(edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *