Bank Papua Lounching Pembayaran PBB-P2, Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Kaimana

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Resmi sejak hari ini, Kamis (6/8), Bank Papua mulai melayani pembayaran PBB-P2, Pajak dan Restribusi daerah Kabupaten Kaimana, melalui fitur “GoBills” dalam aplikasi Gojek.

Lounching pelayanan PBB-P2, Retribusi dan Pajak daerah ini baru diterapkan untuk dua kabupaten di tanah Papua yakni, Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Biak Numfor. Dua kabupaten ini menjadi kabupaten pertama yang menerapkan system pembayaran secara online untuk masyarakat.

Direktur Umum Bank Papua, F. Zendrato melalui video teleconverencenya mengatakan bahwa, fitur ini dibuat untuk mempermudah masyarakat dalam membayar PBB-P2, Pajak maupun Retribusi daerah.

“ Dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, dan memberikan kemudahan system pembayaran kepada masyarakat dalam melakukan transaksi ditengah pandemi Covid-19, maka pada hari ini, Bank Papua dengan bangga melounching system pembayaran PBB, retribusi dan pajak daerah melalui aplikasi,” ungkapnya.

Zendrato juga optimis bahwa dalam waktu yang tidak lama lagi, kerjasama serupa akan diterapkan untuk kabupaten/kota yang lainnya yang ad di tanah Papua.

“ Pada tahapan awal, layanan PBB untuk Kabupaten Kaimana dan pajak daerah kabupaten kaimana, yang selanjutnya secara bertahap akan dirilis layanan PBB, retribusi dan pajak daerah untuk kabupaten/kota lainnya ditanah papua. Oleh karena itu, kami mengajak kepada seluruh masyarakat dan nasabah selaku wajib pajak yang berada di wilayah Kaimana dan Biak, agar dapat memanfaatkan fitur layanan dan berharap kedepannya, kami dapat terus memberikan layanan dan dukungan melalui system pelayanan yang cepat dan mudah. Bank Papua membangun Tanah Papua,” lanjutnya.

Kepala Bapenda Kabupaten Kaimana, La Bania, S. Sos

Sementara itu, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kaimana, La Bania, S.Sos ketika dikonfirmasi terkait dengan lounching pembayaran PBB-P2, Retribusi dan Pajak Daerah Kabupaten Kaimana melalui aplikasi yang sudah dirilis oleh Bank Papua memberikan apresiasi kepada Bank Papua yang sudah mau bekerjasama untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat khususnya seluruh wajib pajak yang ada di Kabupaten Kaimana.

“ Kami bertermikasih untuk Bank Papua yang sudah memberikan kemudahan untuk seluruh wajib pajak yang ada di Kaimana. Kami sangat berharap agar seluruh wajib pajak yang ada di Kaimana bisa memanfaatkan kemudahan yang sudah diberikan ini,” ungkapnya.

Lanjut La Bania, Bapenda Kaimana dari waktu ke waktu akan terus berbenah diri dan memberikan kemudahan untuk wajib pajak yang ada di Kabupaten Kaimana.

“ Kerjasama ini juga dengan maksud agar ada peningkatan untuk PAD kita. Karena selama ini mungkin saja wajib pajak terkendala dengan pembayaran secara manual dengan datang ke kantor. Apalagi jam buka dan tutup kantor ini kan terbatas. Kalau melalui aplikasi, maka wajib pajak tidak perlu repot-repot datang ke kantor. Cukup membayar dari rumahnya masing-masing. Kami mengajak kepada seluruh masyarakat Kaimana untuk memanfaatkan layanan ini,” pungkasnya.

Selain itu, untuk melakukan pembayaran secara online oleh wajib pajak, wajib pajak bisa langsung menggunakan aplikasi “Gojek” yang sudah ditersedia di play store. Setelah diinstal, wajib pajak bisa langsung membuka aplikasi “Gojek”, Pilih “GoBills”, Pilih “Pembayaran PBB”, Pilih “Kota Domisili PBB”, Masukkan NOP dan Tahun Pajak, Konfirmasi Pembayaran PBB, Masukkan Nomor PIN, Transaksi Berhasil, Swipe Up untuk melihat detail transaksi. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *