Bangun Kesepahaman, Bawaslu Kaimana Satukan Pandangan Soal Penegakan Tindak Pidana Pemilu

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Untuk menyatukan persepsi dan mambangun kesepahaman antara tiga unsur yang masuk dalam sentra gakkumdu Pilkada Kaimana 2020, maka Bawaslu Kaimana menginisiasi Rakor Gakkumdu yang dilaksanakan di Grand Papua Hotel, (5/3).

Rakor ini juga merupakan moment untuk menjalin tali silaturahmi dan juga sinergitas antara seluruh anggota sentra gakumdu. “Jadi untuk Rakor hari ini, memang kita di Kabupaten Kaimana merupakan Kabupaten pertama yang melaksanakan Rakor, dari sembilan kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada di Provinsi Papua Barat,” ungkap Ketua Bawaslu Kaimana uang juga menjabat sebagai penasihat dari unsur Bawaslu, Karolus Kopong Sabon,SE dalam arahannya saat membuka Rakor Gakkumdu Kaimana.

Sementara itu, Divisi Hukum dan Penanganan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Kaimana, Siti Nurliah Indah Purwanti,SH ketika dikonfirmasi di Grand Papua Hotel mengatakan bahwa, Rakor ini sangat penting karena untuk membangun kesepahaman antara seluruh anggota sentra gakkumdu.

” Sentra gakkumdu ini kan terdiri dari tiga unsur yakni Bawaslu, Polres dan juga Kejaksaan. Dari antara seluruh anggota tim yang berjumlah 15 Orang ini, mungkin belum saling kenal atau belum sepaham. Sehingga dengan adanya rapkor ini, semuanya bisa satukan persepsi dalam rangka mensuskeskan kerja-kerja sentra gakkumdu,” ungkapnya.

Wanita yang kerap disapa dengan panggilan Indah ini berharap agar, setelah Rakor ini, centra gakkumdu yang sudah terbentuk ini bisa solid dan bahu-membahu mewujudkan pilkada Kaimana yang aman, damai dan sukses.

” Artinya menjadi tugas gakkumndu juga dalam menyukseskan pilkada Kaimana. Sehingga satu yang akan kami lakukan kedepan adalah ikut memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait dengan penanganan pelanggaran maupun tindak pidana pemilu. Sehingga diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat sudah paham bahwa ketika dia melakukan hal-hal yang melanggar aturan, maka pasti akan berhadapan dengan hukum. Sehingga semakin tinggi pemahaman masyarakat, maka semakin minim juga tindak pidana pemilu, maupun persoalan terkait pilkada,” pungkasnya.

Setelah Rakornis ini selesai dilaksanakan, akan dilanjutkan dengan rapat teknis di Sekretariat Gakkumdu Jl. Utarom Kaki Air Kecil untuk membahas Peraturan Bersama.

“ Dengan adanya rakor ini, diharapkan Komitmen kita dapat menjaga kualitas tiga unsur dalam sentra gakkumdu, sehingga peran gakkumdu bisa benar-benar dirasakan oleh masyarakat, dalam mewujudkan pilkada Kaimana yang aman, damai, sukses dan bermartabat. Karena gakkumdu juga mempunyai peran dan tanggung jawab besar dalam mensukseskan Pilkada Kaimana,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *