Paslon Eltinus Omaleng-Johannes Rettob Nyatakan ‘Walk Out’ Debat Kandidat

Teras Honai
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Timika,Honaipapua.com,- Pasangan nomor urut enam Calon Bupati dan Wakil  Bupati Mimika, Eltinus Omaleng dan Johannes Rettob (omtob) menyatakan mengundurkan diri ‘walk out’ dari acara debat kandidat pertama, yang diselenggarakan KPUD Mimika di gedung eme neme yauware, Rabu (13/6).

Alasannya karena mereka menilai debat kandidat pertama ini, telah melewati jadwal yang sudah ditentukan pada 26 Mei, selain itu mereka juga menilai bahwa, Ketua KPUD Mimika tidak netral dalam pelaksanaan tahapan Pilkada di Mimika, hal ini disampaikan Calon Wakil Bupati Johannes Rettob yang datang bersama pendukungnya, tanpa didampingi Calon Bupati Eltinus Omaleng yang juga merupakan calon Bupati Petahana.

Debat kandidat ini awalnya berjalan lancar saat moderator meminta satu persatu pasangan calon untuk naik ke podium, sebelum Debat Kandidat dimulai, satu persatu Pasangan Calon dipanggil, namun saat giliran pasangan nomor urut enam dipanggil naik podium, Calon Wakil Bupati Johannes Rettob mengambil mic dan mengatakan bahwa berdasarkan jadwal yang sudah diplenokan seharusnya debat kandidat ini dilakukan pada 26 Mei, namun nyatanya baru dilakukan 13 Juni 2018 hari ini.

” Jadwal debat kandidat ini sudah lewat dan harus dilakukan pada tanggal 26 mei lalu bukan hari ini, ” kata Johannes Rettob.

Selain itu, mereka menilai  Ketua KPUD Mimika Ocepina Magal, tidak netral dalam  pelaksanaan Pilkada Mimika sehingga diberhentikan sementara oleh KPU Provinsi Papua. Akan tetapi justru Ketua KPUD Mimika Ocepina Magal masih membuka acara Debat Kandidat ini, sehingga pasangan Eltinus Omaleng-Johannes Rettib (omtob) menyatakan MOSI TIDAK PERCAYA kepada KPUD Mimika dan menyatakan WALK OUTdari debat kandidat ini.

” Kami nyatakan ketua KPUD Mimika tidak netral, dan saat di berhentikan kenapa masih harus membuka acara debat kandidat, ini kan tidak masuk akal. maka hari ini kami nyatakan Walk Out, ” kata Johannes Rettob di dalam gedung eme neme yauware saat debat hendak berlangsung.

Saat itu juga untuk menengakan situasi dan jalannya Debat Kandidat Kapolres Mimika AKBP. Agung Marlinato.SIK.SH, langsung menghampiri Calon Wakil Bupati Johannes Rettob dan mengarahkan untuk keluar dari ruangan bersama massa pendukungannya.

Dan walapuan satu pasangan calon menyatakan walk out,akan tetapi debat kandidat ini tetap dilangsungkan dengan diikuti lima  pasangan calon yaitu, pasangan PETRALED,R&B,MUSA,HAM DAN MARIUS.Kelima pasangan ini maju melalui jalur perseorangan.

Sedangkan pasangan OMTOB yang Walk Out satu-satunya pasangan Calon yang maju melalui jalur partai politik dengan di usung 9 parat politik di timika, diantaranya GOLKAR,PDI PERJUANGAN,HANURA, NASDEM, PKPI,PBB,DEMOKRAT,PKB DAN PERINDO.

Sementara menurut Komisioner KPU Provinsi Ishak Hikoyabi yang juga merangkap sebagai anggota komisioner kpud mimika menjelaskan, kewajiban KPU untuk mengikutsertakan semua pasangan Calon tanpa membeda-bedaka,dan itu haru dilakukan debat.Dan terkait dengan pasangan calon yang mengajukan mosi tidak percaya kpu akan menjawab itu.

” Kami tidak membeda-bedakan para pasangan calon,debat ini dilakukan untuk semua pasangan calon dan harus dilakukan itu tanpa terkecuali dan itu wajib.terkait Mosi tidak percaya dari salah satu pasangan calon kami akan menjawab itu,” jelas Ishak Hikoyabi Komisioner KPU Provinsi.

Ishak Hikoyabi menambahkan, bahwa enam pasangan calon kandidat di Timika memiliki permasalahan hukum yang sementara di tangani oleh Panwas dan KPUD Mimika, dan itu sementara sedang dalam proses. Namun untuk prores Pilkada di Mimika tetap berjalan, KPUD tetap melakukan tahapan-tahan Pilkada itu.

“Semua pasangan calon di Mimika ini hampir semua mempunyai permasalagan, dan ada yang sudah selesai di tangani dan ada juga yang sementara di tangani, tetapi kami tetap melakukan tahapan proses Pilkada tetap dijalankann dulu,” ungkap Ishak.

Sementara Debat kandidat pertama yang berlangsung sore tadi Rabu (13/6) di gedung eme neme yauware itu, dengan mengambil tema Pembangunan Ekonomi dan Tingkat Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Mimika, dengan menghadirkan panelis dari universitas cenderawasih.

Pantauan Honaipapua.com, tahapan Pilkada yang digelar oleh KPUD Mimika yakni, Debat kandidat, berjalan hingga selesai, Rabu pukul 21.20 wit, dengan lancar dan aman yang di ikuti lima pasangan calon kandidat dari perseorangan dan dalam pengawalan aparat gabungan TNI POLRI. (tmk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *