Refleksi Awal Tahun 2021 : Indonesia Harus Bergumul

Opini
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Refleksi Awal Tahun 2021 : Indonesia Harus Bergumul

(Oleh : Ketua OKK GAMKI Halsel)

Memang hidup tak pernah di perkirakan, tentang apa yang harus di alami oleh setiap manusia, baik hari ini dan selanjutnya. Berbagai problem kehidupan memang sudah menjadi bagian dari hidup itu. Karnanya, kita harus terus berevaluasi tentang apa yang telah kita perbuat.

Mengamati perjalanan awal tahun 2021, yang kian di awali dengan berbagai peristiwa tragis, yakni; pandemi covid-19 belum berakhir, jatuhnya pesawat Sriwijaya bahkan baru saja terjadi gempa yang melanda di Kalimantan, Sulawesi bahkan Maluku Utara. Padahal, ketika akan melepaskan tahun 2020, semua orang menghanturkan doa dengan harapan, satu peristiwa semoga berakhir, yakni; pandemi covid-19. Akan tetapi, peristiwa lain yang mengerikan justru kembali di alami oleh sebagian masyarakat di Indonesia. Dukacita membayangi wajah masyarakat yang menjadi korban bahkan keluarga, di mulai dari jatuhnya pesawat Sriwijaya hingga korban gempa di beberapa daerah. Sementara yang lain, sibuk melakukan penggalangan dana untuk membantu para korban, yang dinamakan dengan aksi kemanusiaan.

Meski demikian, dinamika dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, masih tetap ikut menghiasi berbagai peristiwa duka yang saya sebutkan di atas. Diantaranya adalah, perdebatan tentang siapa yang harus menggantikan bapak, Idham Aziz dari jabatan sebagai KAPOLRI. Bahkan lebih mirisnya, dari berbagai komentar tentang siapa yang layak menjabat KAPOLRI di negara ini, pertimbangannya justru mengarah ke agama. Ada apa negara ini? Bukankah negara kita adalah negara demokrasi yang setiap warganya di berikan kebebasan untuk memeluk keyakinan masing-masing? Bukankah kita memiliki hak yang sama dalam berkarir di negara ini?

Dinamika yang lain, kehadiran para pemberontak (FPI) yang gerakannya di bungkusi dengan topeng beramal, tapi justru implementasinya bertabrakan. Negara pun di kuras energinya, antara menegaskan protokol kesehatan, mencari jejak pesawat yang jatuh bersama korbannya, menangani korban gempa bahkan harus di pikirkan solusinya, serta menangani gerakan-gerakan yang ingin menghancurkan persatuan bangsa. Akhirnya, semua masalah yang dialami oleh bangsa ini, tak kunjung selesai. Sementara, bangsa kita adalah bangsa yang besar.

Indonesia harus bergumul. Bergumul dari badai covid-19. Mendoakan para korban dan keluarga mereka atas jatuhnya pesawat. Bergumul atas peristiwa gempa yang terjadi di beberapa daerah. Bahkan, mendoakan para pemberontak di negri ini agar hati dan pikiran mereka di pulihkan oleh Tuhan. Terlebih khususnya, Indonesia harus kembali menggumuli akan kehidupan berbangsa dan bernegara kita, agar amanat para founthing fathers negara ini dapat terwujud pula di hari ini. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *