Kodam XII/Tpr Hari Ini Resmi Menggelar TMMD ke-108 di Tiga Wilayah

Nasional
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kubu Raya,Honaipapua.com, -Pandemi Covid-19 masih menjadi masalah serius bagi bangsa ini. Namun demikian pembangunan harus tetap berjalan agar kesejahteraan masyarakat dapat terwujud. Oleh karena itu Kodam XII/Tanjungpura hari ini secara resmi membuka program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 di 3 (Tiga) wilayah kabupaten di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.

Yakni di wilayah Korem 102/Pjg di Kabupaten Sukamara, wilayah Korem 121/Abw di Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Ketapang. TMMD ke-108 ini juga digelar secara serentak di seluruh Kodam di Indonesia. Adapun tema TMMD ke-108 adalah TMMD Pengabdian Untuk Negeri.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XII/Tpr, Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., melalui rilisnya Selasa (30/6/20) di Kubu Raya, Kalimantan Barat.

” Hari ini secara resmi TMMD ke-108 di wilayah Kodam XII/Tpr dibuka. Ada tiga sasaran TMMD yaitu di Kodim 1014/Pbn di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Balai Riam, Kabupaten Sukamara, di Kodim 1202/Skw dilaksanakan di Desa Danti dan Desa Gua, Kecamatan Sanggau Ledo, Kabupaten Bengkayang, di Kodim 1203/Ktp di Desa Beringin Rayo, Kecamatan Tumbang Titi, Kabupaten Ketapang,” jelasnya.

Kapendam XII/Tpr mengatakan, adapun pembukaan TMMD ke-108 di wilayah Kodam XII/Tpr dibuka oleh masing-masing pemerintah daerah yang menjadi sasaran TMMD. Pembukaan dilaksanakan dengan tanpa upacara.

” Pembukaan hanya ditandai dengan penandatanganan naskah penyerahan pekerjaan TMMD oleh Bupati kepada para Dansatgas TMMD,” kata Kapendam.

Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos., menjelaskan, adapun tujuan dari pelaksanaan TMMD ke-108 ini adalah untuk membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah pedesaan.

” Dalam pelaksanaannya, secara keseluruhan TMMD terbagi menjadi 2 kegiatan yakni, kegiatan fisik dan non fisik,” ujarnya.

Untuk kegiatan fisik di Kodim 1014/Pbn diantaranya, pembuatan embung, pembuatan pos terpadu dan Pos kesehatan KB. Untuk di Kodim 1202/Skw diantaranya pembangunan dua ruas jalan sepanjang 500 meter dan 3500 meter dengan lebar 3 meter, penimbunan jalan sepanjang 1300 meter dan pembangunan 4 unit jembatan.

Untuk kegiatan fisik di Kodim 1203/Ktp ada tujuh sasaran diantaranya, Renovasi 3 Rumah Ibadah, Pembangunan sarana air bersih dan pengerjaan pipanisasi, Rabat Beton 2 titik sasaran sepanjang 330 meter serta pembuatan penerangan jalan umum sebanyak 9 unit.

” Sedangkan untuk kegiatan non fisik adalah dengan memberikan penyuluhan-penyuluhan kepada masyarakat di lokasi sasaran TMMD,” kata Kolonel Inf Aulia Fahmi Dalimunthe, S.Sos. (Pendam XII/Tpr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *