Surplus 1 Mega Watt PLN Ranting Kaimana Jamin Listrik Aman Hingga Idulfitri

Manokwari Raya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

KAIMANA,Honaipapua.com,– PLN Ranting Kaimana menjamin bahwa pasokan listrik untuk masyarakat di Kabupaten Kaimana dalam bulan Ramadhan hingga lebaran nanti dijamin aman. Hal ini disampaikan oleh Manager PT.PLN Ranting Kaimana, Muhammad Puarada, ketika dikonfirmasi melalui telepon celularnya, Kamis (9/5) kemarin.

Menurutnya, stock daya yang ada dengan kebutuhan daya oleh pelanggan masih surplus 1 Mega Watt, sehingga tidak ada kendala terkait dengan pasokan daya listrik untuk Kaimana.

“Kalau untuk daya listrik sendiri, kita saat ini mengalami surplus 1 Mega Watt. Karena itu, kami bisa pastikan bahwa kondisi listrik kita aman selama ramdhan hingga Lebaran nanti. Kami juga dari waktu ke waktu terus memantau, kondisi jaringan kita di seluruh titik, sehingga listrik dipastikan tidak mengalami gangguan,” ungkapnya.

Lanjut Puarada, saat ini ada 10 unit mesin pembangkit yang dioperasikan, baik yang ada di PLTD Kaimana kota dan juga pembangkit yang ada di Kilo Nol.

“ Totalnya ada 10 unit pembangkit yang kita operasikan. Kalau untuk kebutuhan daya pelanggan kita sekitar 3,6 MW tetapi kita masih punya daya cadangan sekitar 1 Mega Watt, sehingga kami bisa katakan bahwa listrik kita aman di Kaimana,” ujarnya.

Terkait dengan pemadaman listrik yang terjadi beberapa hari belakangan ini, lanjut Puarada, pemadaman tersebut dikarenakan gangguan eksternal yang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

“Kalau untuk pembangkit kita aman. Hanya saja beberapa waktu yang lalu kita mengalami pemadaman karena ada gangguan pada jaringan. Pada waktu itu, gangguan terjadi di sekitar gunung dulang karena diakibatkan kelelawar. Ganguan seperti ini memang tidak bisa kita prediksi sebelumnya, karena ganguan ini datang tiba-tiba,” tuturnya.

Oleh karena itu, dirinya berharap agar pelanggan di Kabupaten Kaimana bisa memahami hal ini dan bisa mempercayakan pihaknya untuk menyelesaikan persoalan pemadaman karena gangnguan eksternal tersebut.

“Satu yang paling utama bahwa kami dari PLN pastinya ingin dan mau memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh pelanggan yang ada di Kabupaten Kaimana. Sehingga ketika ada gangguan eskternal pada jaringan seperti yang terjadi belum lama ini, maka tentu petugas kami akan langsung turun ke lapangan. Kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk menormalkan kembali listrik untuk masyarakat. Tetapi kalau terjadi malam hari, maka kita juga butuh waktu untuk memperbaiki itu, karena pekerjaan seperti ini juga beresiko tinggi. Intinya bahwa kami tidak ingin agar pelanggan kami kecewa. Oleh karena itu, ketika ada gangguan eksternal dan listrik padam, maka serahkan itu kepada kami karena kami akan berusaha untuk meperbaikinya. Apalagi saat ini kan bulan puasa, sehingga sudah menjadi kewajiban kami untuk menjaga agar listrik di Kaimana ini tetap aman,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *