Polres Siap Backup Bawaslu Lakukan Pengawasan Pelanggaran Prokes

Hukrim
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Kapolres Kaimana, AKBP. Iwan P. Manurung, SIK menegaskan bahwa pihak kepolisian polres Kaimana akan membackup Bawaslu Kabupaten Kaimana, dalam melaksanakan pengawasan penanganan pelanggaran protokol kesehatan. Kapolres Kaimana sendiri masuk duduk dalam dewan penasihat dalam pokja penanganan pelanggaran protokol kesehatan ini.

Kapolres Kaimana, AKBP. Iwan P. Manurung, SIK

Hal ini ditegaskan Kapolres Kaimana,ketika dikonfirmasi di kantor bupati Kaimana, usai mengikuti rapat koordinasi pembentukkan pokja penanganan pelanggaran protokol kesehatan selama tahapan pilkada berlangsung.

“ Untuk kami dari pihak kepolisian sudah sangat siap, untuk membackup Bawaslu ketika mereka melakukan pengawasan terhadap pelanggaran protokol kesehatan, terutama pada masa kampanye ini. mau berapa personil pun kami siap,” ungkapnya.

Dirinya juga menegaskan bahwa karena upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini menjadi perhatian pemerintah pusat, termasuk KAPOLRI, maka hal ini juga akan diperhatikan oleh polres Kaimana.

“Untuk personil kami siap, dan nanti akan dibantu juga oleh rekan-rekan dari TNI, khusus ketika dibutuhkan oleh Bawaslu Kabupaten Kaimana. Karena Covid-19 saat ini semakin meningkat kasusnya, maka segala bentuk kerumunan harus ditiadakan. Khusus untuk pilkada, kampanye masih tetap diijinkan untuk jalan, tetapi harus memperhatikan protokol kesehatan dan pembatasan massa saat kampanye terbatas,” ujarnya.

Untuk itu, Kapolres Iwan berharap kepada semua pihak, baik itu pasangan calon, tim sukses dan juga massa simpatisan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan, serta menjaga jarak dalam setiap kegiatan pilkada.

“ Kami berharap agar hal ini diperhatikan baik, karena Kepolisian juga tetap mengacu pada MAKLUMAT KAPOLRI, dan itu akan tetap kami laksanakan,” tegasnya seraya menambahkan terutama masa kampanye, sehingga Kaimana jangan lagi memunculkan klaster baru saat Pilkada.

Sementara itu, struktur kelompok kerja (Pokja) Pencegahan Covid-19 pada pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota tahun 2020 ini, termuat dalam instruksi Bawaslu RI dengan Nomor: 0567/K.Bawaslu/PM.06.00/IX/2020 yang bersifat segera. Struktur Pokja tersebut antara lain; Pembina yakni; Bupati, Kapolres, KODIM dan Kajari. Ketua I: Bawaslu Kabupaten Kaimana. Ketua II: Ketua KPU Kabupaten Kaimana. Sekretaris: Satgas Covid-19 Kabupaten Kaimana. Koordinator Pencegahan: Kejaksaan Negeri Kaimana, Satgas Covid-19 Kaimana, TNI, Satpol PP, Bawaslu Kabupaten Kaimana. Koordinator Pengawasan: Bawaslu Kabupaten Kaimana. Koordinator Penindakkan dari unsur Kepolisian.

Selain itu, tugas kepolisian dalam kaitannya dengan penindakkannya antara lain; Melakukan analisis terhadap hasil pengawasan kelompok kerja, Melakukan koordinasi antar anggota kelompok kerja dalam penerusan dugaan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19, dan Melakukan penindakkan terhadap pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 pada penyelenggaran pilkada. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *