POLRES ASMAT BERHASIL AMANKAN PELAKU PENJUAL MIRAS LOKAL JENIS SOPI

Hukrim
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jayapura,Honaipapua.com, -Rabu 12 Agustus 2020, pukul 10.30 Wit, bertempat di Jalan Anderep, Distrik Agats Kabupaten Asmat, telah dilakukan penangkapan terhadap pelaku yang memproduksi minuman keras jenis sopi.

Kepada media ini via pesan Whatsapp, Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH, mengatakan, Kronologi kejadian berawal pada hari Selasa tanggal 11 Agustus 2020 anggota mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa di Jalan Anderep Distrik Agats terdapat tempat yang memproduksi minuman keras lokal Jenis Sopi.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH,

” Anggota yang mendapat laporan tersebut kemudian langsung menuju ke TKP guna melakukan penyelidikan terlebih dahulu, untuk memastikan kebenaran informasi yang didapatkan, “ungkap Kabid Humas.

Dikatakan Kabid Humas, Rabu 12 Agustus 2020 Pukul 20.30 Wit anggota Polres Asmat melakukan penggerebekan tempat pembuatan minuman keras lokal tersebut, kemudian didapati dua orang yang sedang melakukan penyulingan minuman keras an. La Nudin dan Tomi. Melihat kedatangan anggota, pelaku an. Tomi kemudian melarikan diri melewati kolong rumah.

Lanjut Kabag Humas, dari hasil penggerebekan tersebut anggota berhasil mengamankan salah satu pelaku an. La Nudin dan melakukan pemeriksaan awal terhadap pelaku. Dari pemeriksaan awal terhadap pelaku diketahui bahwa sebagian hasil produksi minuman keras lokal tersebut sudah di geser ke rumah pelaku an. La Nudin yang beralamat di Jalan Pelabuhan Lama Kabupaten Asmat.

” Kemudian anggota menuju ke Rumah pelaku untuk mengumpulkan barang bukti. Setibanya di rumah pelaku anggota langsung mengamakan barang bukti, dan pada pukul 23.30 Wit selanjutnya anggota mengamankan pelaku dan barang bukti ke Mapolres Asmat guna proses lebih lanjut, “ujarnya.

Barang bukti yang diamanakan tambah Kabid Humas,1 Drum 200 ltr; 1 Drum 150 ltr; 3 Bambu, plastik dan toples ukuran besar, 4 Ember 80 ltr, 4 Ember 60 ltr, 2 Ember 60 ltr, 1 Ember ukuran sedang, 1 Gen 35 ltr, 1 Gen 30 ltr, 1 Gen 21 ltr, 2 kompor 42 sumbu, 1 kompor 22 sumbu, 1 Ember putih 20 ltr, 3 Panci ukuran besar, 1 Ember hitam, 2 gayung, 1 corong kecil, 1 Bungkus Fermipan, 1 Bungkus plastik kapur sirih, Karet ban dalam, 20 gen ukuran 5 ltr, 15 ltr minyak tanah dan 1 buah Kayu Lat.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH, menghimbau kepada warga masyarakat untuk tidak memproduksi dan menjual minuman keras lokal. Kami dari Kepolisian akan menindak tegas para pelaku baik itu yang mendistribusikan atau yang mengonsumsi, sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku serta perda di masing-masing Kabupaten/Kota.

Kabid Humas menambahkan, bagi masyarakat yang mengetahui ada yang menjual atau memproduksi minuman keras lokal dapat menginformasihkan kepada Kantor Polisi terdekat. Karena dampaknya dapat menimbulkan gangguan Kamtibmas. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *