POLISI BERHASIL MENGAMANKAN PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA JENIS GANJA

Hukrim
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jayapura,Honaipapua.com, -Selasa 11 Agustus 2020, bertempat di Jalan Baru Jembatan Ring Road Kota Jayapura, Tim Opsnal Subdit I Dit Resnarkoba Polda Papua berhasil mengungkap Kasus Tindak Pidana penyalahgunaan Narkotika jenis Ganja.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH, mengatakan, kronologis penangkapan adalah pengungkapan kasus ini berawal pada hari Minggu tanggal 9 Agustus 2020 Tim Opsnal mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada dua orang laki-laki yang sering melakukan transaksi jual beli Narkotika jenis Ganja dari Pasir Dua Distrik Jayapura Utara, selanjutnya pada hari Selasa tanggal 11 Agustus 2020 Tim melakukan penyelidikan.

Dari hasil penyelidikan, lanjut Kabid Humas bahwa terduga pelaku akan melakukan barter Narkotika jenis Ganja dengan Laptop dan HP kepada di jalan Baru Ringroad, kemudian tim menuju ke lokasi tersebut.

” Pada pukul 15.00 wit, Tim melihat dua orang diduga pelaku yang sudah diketahui identitasnya sedang berada di sekitar lokasi, tim langsung melakukan penangkapan dan mendapatkan barang bukti Narkotika jenis Ganja sebanyak 12 bungkus plastik bening ukuran besar dalam tas warna kuning milik pelaku an.Josua Nari di bawa pohon Jati, “bebernya.

Selanjutnya, barang bukti dan tersangka dapat diamankan oleh Tim Opsnal Subdit 1 dan di lakukan interogasi kepada dua otang Tersangka atas nama Josua Nari dan Soleman Nari. Dari hasil keterangan salah satu pelaku an. Soleman Nari mengatakan bahwa masih Ada barang bukti lain yg disimpan dalam rumahnya dan Tim langsung bergegas menuju rumah pelaku dan mendapatkan satu tas gendong warna kuning yg di dalamnya berisikan 33 bungkus Narkotika jenis ganja ukuran besar dan Satu Karung beras merek Skel Rice ukuran 10 Kg.

Dikatakannya, Para pelaku yaitu, Josua Nari (19), Laki-laki, Pasir Dua Japut dan Soleman Nari (27), Laki-laki, Pasir Dua Japut. dan barang bukti kemudian di bawa ke kantor Direktorat Reserse Narkoba Polda Papua untuk proses hukum lebih lanjut. Serta barang bukti yang diamankan berupa 45 bungkus plastik bening ukuran besar yg diduga berisikan narkotika jenis Ganja, 1 Karung beras mereka Skel Rice ukuran 10 Kg yang juga berisikan Narkotika jenis Ganja, 1 unit sepeda motor VARIO PA 5053 RB dan 1 buah HP VIVO Warna merah Hitam.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, saat ini personel masih melakukan penyelidikan dan penyidikan terkait penjualan narkotika jenis ganja di Kota Jayapura.

Ia menambahkan, atas perbuatannya pelaku di jerat dengan Pasal 111 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika: Setiap orang yang tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai atau menyediakan Narkotika golongan I dalam bentuk tanaman dipidana penjara paling singkat 4 tahun dan paling lama 12 tahun dan denda paling sedikit Rp.800 juta rupiah dan paling banyak Rp.8 miliar rupiah. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *