POLISI BERHASIL AMANKAN PELAKU PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA JENIS SABU DI KABUPATEN BIAK NUMFOR

Hukrim
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jayapura,Honaipapua.com, -Kamis 18 Februari 2021, bertempat di Kantor Angkasapura Kabupaten Biak Numfor, telah dilakukan penangkapan pelaku penyalahgunaan Narkotika jenis Sabu.

Kepada media ini via telepon seluler, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH mengatakan, Kronologis kejadiannya bahwa Pada hari dan tanggal tersebut diatas pukul 07.00 WIT Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Biak Numfor mendapat informasi dari team Posko Ops Interdiksi Udara Sukarno Hatta bahwa adanya temuan paket yang diduga Narkotika jenis Sabu dari wilayah Bandung Provinsi Jawa Barat tujuan Biak-Papua yang dimasukkan kedalam busa dan dikemas dalam kardus.

Pukul 09.00 WIT Mendapat laporan tersebut Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Biak Numfor melakukan penyelidikan terhadap paket tersebut di kantor Kargo Garuda. Namun paket tersebut belum diketemukan sehingga Tim Opsnal mendatangi petugas kargo dan menanyakan paket yang dimaksud namun penyampaian petugas kargo bahwa paket tersebut telah diambil oleh Pelaku.

Mendengar hal tersebut Tim Opsnal langsung mencari pelaku di rumahnya. Setibanya di rumah pelaku anggota mendapati 3 orang saksi dan mendapat barang bukti berupa 2 karton berwarna cokelat dalam keadaan sudah terbongkar.

Selanjutnya Tim kembali ke kantor Angkasapura Biak untuk mencari pelaku. Setibanya di Kantor Angkasapura Tim mendapati pelaku dan selanjutnya pelaku serta saksi-saksi diamankan ke Kantor Polres Biak Numfor untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku, diketahui bahwa pelaku menyimpan barang bukti berupa 1 (satu) saset plastik bening ukuran kecil yang diduga berisikan Narkotika jenis Sabu dibelakang tempat tinggalnya. Mendengar hal tersebut, anggota langsung menuju ke TKP guna mengamankan barang bukti tersebut.

Identitas pelaku, yaitu, Shendi Hendrawan (33), laki-laki, warga Jalan Yos Sudarso Kelurahan Mandala Distrik Biak Kota Kabupaten Biak Numfor.dan Identitas saksi yakni, Mustamsikin (32), laki-laki, Sandri (34), laki-laki dan Mia Lestari (26), perempuan. Serta Barang bukti yang diamankan, 1 (satu) saset plastik bening ukuran kecil berisikan Narkotika Jenis Sabu.

Atas perbuatannya pelaku dapat dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan hukuman minimal 4 (empat) tahun penjara dan maksimal 20 tahun penjara serta denda paling sedikit Rp.800.000.000,- (delapan ratus juta rupiah) dan paling banyak Rp. 8.000.000.000,- (delapan milyar). (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *