Pasca Insiden Rapat Pleno DPT, Oknum Anggota Dewan Diamankan

Hukrim
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Timika,Honaipapua.com,-Terkait masalah penyerangan dan pengrusakan di hotel 66 tempat diadakannya kegiatan Rapat Pleno Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kab.Mimika oleh KPU Mimika, Sabtu lalu, yang mengakibatkan kaca gedung rusak serta ruangan rapat di obrak abrik.

Kapolres Mimika, AKBP.Agung Marlianto SIK.MH, mengatakan, kurang lebih tiga orang telah diamankan,dari tiga orang tersebut salah satunya adalah Anggota DPR Kab.Mimika berinisial MT.

Anggota DPR Mimika berinisial MT tersebut diamanakan pihak kepolisian usai aksi penyerangan dan pengrusakan yang dilakukan massa tersebut,namun menurut kapolres Anggota DPR yang diamankan itu pihak polisi hanyak mengambil keterangan dan oknum anggota DPR tersebut membuat surat keterangan bawah dirinya tidak bertanggung jawab atas kejadian itu.

” Kami langsung menuju lokasi perkumpulan massa di lapangan Timika indah pada sabtu malam itu dan malam itu juga seorang Anggota DPR kami amankan untuk dimintai keterangan dan membuat surat keternagan perjanjian diatas meterai,bawah masalah penyerangan itu bukan tanggungnya” kata Kapolres Mimika.

Sementara pelaku utama dalam aksi penyerangan itu kapolres Agung Marlianto menambahkan, telah di kenakan pasal 170 KUHP.dan satu orang lagi di tangkap pada hari kedua penyerangan,orang tesebut yang di duga telah mengasut massa untuk melakukan penyerangan saat rapat pleno DPT sedang berlangsung, oknum yang melakukan penghasutan kepada massa telah di kenakan UU KUHP pasal 160.

” Sebanyak tiga orang kami telah amankan 1 Anggota DPR, satu kordinator aksi dan satunya lagi adalah pelaku penghasutan,namun anggota DPR telah kami pulangkan karna hanya untuk memberikan pernyataan diatas meterai,sedangkan dua orang lainnya kami tetapkan pasal 170 dan pasal 160, “ungkap Agung Marlianto Kapolres Mimika di selah-selah buka puasa dengab awak media pada kamis malam.

Dan terkait aksi penyerangan tersebut kapolres mimika juga mengakui tidak adanya aparat yang di siapkan untuk melakukan pengamanan kegiatan Rapat Pleno DPT Kab.Mimika,hal itu akibat dari KPU Mimika yang kurang memberikan penjelasan yang pasti atas kegiatan itu.

” Sebenarnya anggota telah kami siapakan untuk pengamanan kegiatan KPU itu,namun waktu dan tempat pelaksaan yang belum pasti dari KPU.maka saya Kapolres mimika mengakui itu tidak ada anggota yang di tempatkan di situ.padahal hotel yang di gunakan untuk rapat itu saya sendiri yang telah memesan dan atas nama saya Kapolres, usai saya memesan kirain tidak di gunakan karena KPU tidak memberikan info,”ungkap nya. (tmk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *