Siap Dapat Bantuan, Ratusan UKM Mendatakan Diri di Perindagkop Kaimana

Ekbis
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Selama dua hari terhitung sejak kemarin hingga Jumat (14/7), ratusan UKM mendatakan dirinya di Disperindagkop Kabupaten KAIMANA.

Nampak Ratusan Pelaku UKM saat Antri di Disperindagkop Kabupaten Kaimana

Ratusan pelaku Usaha Kecil Mikro ini akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM, sesuai dengan Surat Edaran dengan Nomor:367/SL/8/2020 tentang pendataan program bagi pelaku usaha mikro.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Kaimana, Agustinus Janoma, SE ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (14/8).

Menurutnya ratusan pelaku usaha kecil ini, masih sebagai calon, karena harus diverifikasi terlebih dahulu di kementerian, dan hanya disetujui yang bisa mendapatkan bantuan tersebut.

“ Hari ini hari yang kedua pelaku usaha kecil dan mikro ini mendatakan dirinya. Jadi menindaklanjuti surat dari kementerian koperasi dan UKM, kami juga mengedarakan surat untuk pelaku usaha kecil yang ada di Kaimana. Kemarin kami langsung turun ke lapangan untuk mendata sekaligus membagikan surat pemberitahuan untuk mereka, bahwa ada bantuan dari Kementerian dan mereka harus melengkapi data yang adalah persyaratan untuk bisa mendapatkan bantuan ini,” ungkapnya.

Lanjut dia, bantuan serupa juga diberikan untuk seluruh pelaku usaha kecil yang ada di seluruh wilayah Indonesia.

“ Rencananya kan bantuan ini akan dicairkan bertepatan dengan perayaan HUT RI pada tanggal 17 Agustus ini. Sementara kuota yang disiapkan oleh kementerian untuk seluruh wilayah Indonesia adalah dua belas juta pelaku usaha kecil. Sehingga, kami juga sedang mengejar, agar data pelaku usaha kecil dari kabuoaten Kaimana segera kita usulkan ke kementerian. Karena kalau kuota ya sudah mencapai 12 juta, maka penginputan datanya akan ditutup. Makanya, kami harus kejar ini, supaya kalau bisa semua pelaku usaha kecil yang sudah mendatakan dirinya ini, bisa mendapatkan bantuan tersebut,” ujarnya.

Janoma juga mengatakan bahwa, setiap pelaku usaha akan mendapatkan bantuan sebesar Rp. 2,4 juta.

“Salah satu persyaratan yang utama adalah foto copy nomor rekening bank, dengan saldo tabungan minimal 2 juta rupiah. Persyaratan lainnya, foto copy KTP, KK, foto tempat usaha, alamat tempat usaha. Persyaratan ini yang harus dilengkapi. Dan hari ini adalah hari terakhir, sehingga harus dimanfaatkan oleh seluruh pelaku usaha kecil yang ada di Kaimana,” lanjutnya.

Selain itu, untuk mekanisme pencairan dana bantuan ini, pihaknya masih harus menunggu petunjuk teknis lebih jauh dari kementerian.

“ Kalau untuk pencairan, nanti baru kita lihat. Kemungkinan bisa langsung ke nomor rekening bank pelaku usaha, ataukah melalui perindagkop. Ini juga akan kaki sampaikan kepada mereka. Harapan kaki, dari seluruh data UKM yang masuk ini, semuanya bisa mendapatkan bantuan, sehingga dapat meringankan beban para pelaku usaha kecil di Kaimana di tengah pandemi Covid 19 ini,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *