PT.Gag Nikel Menyerahkan Bantuan Alat Tangkap Kepiting Kepada Kelompok Raja Bintang Laut, Distrik Tiplol Mayalibit

Ekbis
Bagikan berita ini

Waisai,Honaipapua.com, -PT. Gag Nikel melalui program pemberdayaan masyarakat ( PPM) tahun 2022, Kamis 10/11/2022 menyerahkan bantuan peralatan alat tangkap kepiting dan produksi hasil laut kepada kelompok usaha Raja bintang laut Distrik Tiplol Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat.

Penyerahan peralatan alat tangkap Kepiting berlangsung di Kantor Penghubung PT. Gag Nikel di Waisai dan dihadiri oleh kepala Dinas UMKM  Pemda Raja Ampat, Ria Sitti Nurlia Umlati.

Perwakilan Kantor Penghubung PT. Gag Nikel, Rikhlata usai menyerahkan alat tangkap kepiting, mengatakan, bantuan ini merupakan program pemberdayaan masyarakat tahun 2022 dari PT.Gag Nikel.

” Ini merupakan program tahunan dari PT.Gag Nikel melalui PPM tahun 2022 yang ditujukan langsung kepada kelompok usaha, ” ujar Atta sapaan Akrabnya.

Dijelaskan oleh Rikhlata bahwa sebelum menyerahkan bantuan ini pihaknya sudah melakukan survei bersama Dinas UMKM Raja Ampat di Distrik Tiplol. Mulai dari kampung Beo, Arawai, Kabilol dan kampung Go ditambah dengan salah satu kampung luar yaitu Kalitoko. Jelasnya

Setelah melakukan survei dan melihat potensi- potensi pengembangan Kepiting yang cukup bagus dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat, maka dari PT. Gag Nikel melalui program PPM tahun 2022 memberikan bantuan alat tangkap Kepiting kepada kelompok usaha Raja Bintang laut Di Distrik Tiplol Mayalibit untuk mengembangkan usahanya. Terang Atta

Dengan pemberian bantuan ini, harapnya bisa terbentuk ekonomi wilayah dibidang perikanan, salah satunya melalui kelompok Raja Bintang Laut dalam mengembangkan usaha pembudidayaan Kepiting. Ujarnya.

Dalam penanganan dan pembudidayaan kepiting Bakau, lanjut Rikhlata, bukan hanya terpaut pada budidaya saja, tetapi mulai dari pasca tangkap, pembudidayaan,panen sampai dengan penjualan. Tutur Atta biasa disapa.

Dan puji Tuhan dalam pengembangan dan pembudidayaan Kepiting Bakau, di Distrik Tiplol Mayalibit, dari kelompok usaha Bintang Laut  dalam bulan ini sudah menjual dua kali ke Jakarta.

Ditanya apakah kedepan dari PT.Gag Nikel akan menjalankan program serupa di Distrik- distrik lain di wilayah Raja Ampat. Rikhlata menjelaskan bahwa pihaknya sebelum memberikan bantuan, terlebih dahulu akan turun melakukan survei.

” Jadi kedepannya, kita berencana akan melakukan survei di Distrik-distrik guna melihat potensi-potensi apa saja yang dapat dikembangkan oleh masyarakat untuk meningkatkan perekonomiannya. Setelah itu kita menyalurkan bantuan kepada masyarakat melalui kelompok-kelompok usaha mereka, “terangnya sembari menambahkan khusus bidang perikanan dan kelautan pastinya dari PT. Gag Nikel akan tetap memberikan bantuan sesuai dengan potensi-potensi yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di Kampung- kampung di wilayah Raja Ampat. Tandasnya. (cak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *