Perindagkop Mulai Fungsikan Gallery Pusat Oleh-Oleh Khas Kaimana

Ekbis
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Untuk membantu masyarakat khususnya pelaku ekonomi mikro yang ada di Kabupaten Kaimana, maka Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindagkop) Kabupaten Kaimana, membangun pusat oleh-oleh atau gallery di Tanjung Simora. Pusat oleh-oleh ini sudah mulai di fungsikan beberapa waktu yang lalu.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kaimana, Agustinus Janoma, SE.MM

Kehadiran gallery pusat oleh-oleh yang diberi nama So Seach – Sunset Outlet of Simora Beach diharapkan mampu untuk memenuhi permintaan pasar. Pasalnya, selama ini masyarakat maupun tamu-tamu yang datang ke Kaimana kesulitan untuk mendapatkan oleh-oleh khas Kaimana. Tempat ini juga diharapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat dan tamu Kaimana.

Hal ini diungkapkan Kepala Disperindagkop Kabupaten Kaimana, Agustinus Janoma, SE ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya belum lama ini.

Dikatakannya, sudah saatnya, Kaimana memiliki gallery, yang khusus menjual oleh-oleh khas dari Kabupaten Kaimana.

“ Puji Tuhan bahwa gallery yang sudah kami bangun beberapa waktu yang lalu ini sudah di fungsikan. Produk-produk kratif masyarakat sudah kami pajang disana, dan siap dibeli oleh masyarakat. Untuk itu, bagi siapa saja yang mencari oleh-oleh khas Kaimana, bisa mengunjungi outlet kami ini. Semoga masyarakat sudah tidak kesulitan lagi ketika mencari oleh-oleh khas Kaimana ini,” ungkapnya.

Menurutnya, mekanismenya adalah, perindagkop akan mengambil hasil produksi masyarakat.

“Jadi untuk gallery ini, sekarang sudah di fungsikan dan tinggal menambah lagi produk kreatif masyarakat lainnya. Untuk industri kecil juga sangat cocok, karena kami akan membeli langsung produk dari masyarakat, kemudian kami pajang. Hal ini kami lakukan agar ketika masyarakat mencari, tidak perlu lagi kesulitan. Karena oleh-oleh khas Kaimana ada di gallery ini,” tuturnya.

Lanjut Janoma, pihaknya juga saat ini sedang mempersiapkan kemasan menarik bagi beberapa produksi masyarakat.

“Kami sudah ada contohnya disini, dan kami juga sudah berkordinasi dengan beberapa pihak, supaya produk masyarakat kita ini, jangan dikemas dengan sederhana saja. Buatlah kemasan yang lebih menarik perhatian pembeli, sehingga nilai jualnya juga bisa tinggi. Kalau kita bandingkan dengan produk daerah lain misalnya kripik pisang, atau kripik singkong, kualitas produk masyarakat kita di Kaimana ini juga justru lebih enak. Artinya hal-hal seperti ini harus kita dorong, sehingga bisa memotivasi masyarakat kita, terutama pelaku usaha kecil ini, untuk lebih bergairan dan berkembang. Kami berharap agar dengan adanya gallery ini, nantinya bisa memberikan semangat untuk pelaku usaha kecil, sehingga terus berpoduksi,” lanjutnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa, jika gallery ini sudah berjalan baik, maka pihaknya akan mendorong pelaku usaha kecil ini agar barang atau produk mereka bisa di jual di toko-toko atau minimarket yang ada di Kaimana. “Di dareah lain, pelaku usaha kecil ini sangat berhasil, karena produk mereka bisa menyaingi produk dari luar. Kemasannya di buat bagus, kualitasnya di jaga, maka saya yakin, produk mereka ini bisa di pajang di toko-toko ataupun minimarket. Kami juga berharap agar pelaku usaha kecil tidak patah semangat, tetapi lebih bersemangat, karena outlet sudah kami siapkan,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *