Pemkab Kaimana Dapatkan Penambahan 5 BTS

Ekbis
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com,- Tahun 2019 ini ada angin segar bagi sebagian masyarakat yang selama ini belum mendapatkan jaringan Telekomunikasi. Pasalnya, tahun ini Pemkab Kaimana akan menambahkan 5 BTS yang nantinya akan ditempatkan di lima titik yakni, Teluk Arguni, Arguni Bawah, Werifi, Kayu Merah dan Yamor. Penambahan 5 BTS ini sedang dalam proses finalisasi antara Pemerintah Daerah Kaimana dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam waktu dekat ini.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bidang Telematika, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kaimana, Taufan Fauzan, S.Kom ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (21/6) kemarin.

Menurutnya finalisasi program penambahan BTS ini masih terkendala pada regulasi yang mengatakan bahwa Kaimana buikan lagi menjadi daerah tertinggal. “ Koordinasi masih tetap jalan sampai saat ini. Kalau tidak terkendala regulasi, kemungkinan besar tahapan selanjutnya sudah jalan. Dalam Perpres No 131 Tahun 2015 menetapkan bahwa Kaimana bukan lagi menjadi daerah tertinggal. Sementara untuk pemasangan BTS ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengeluarkan kebijakan bahwa penamabhan BTS ini hanya untuk daerah tertinggal saja. Hal ini juga diperkuat dengan Peraturan Menteri Desa dan Daerah Tertinggal. Namun upaya-upaya tetap kami lakukan sampai saat ini,” ungkapnya.

Fauzan juga menjelaskan bahwa, Diskominfo sudah menyampaikan, kendala ini kepada kepala daerah, dan tidak menutup kemungkinan, dalam waktu dekat, kepala daerah akan bertemu dengan Kemenkoinfo, terkait kendala-kendala tersebut.

“ Secara resmi,kami sudah menyampaikan hal ini kepada pak Bupati, dan beliau sangat respon dengan program ini. Beliau juga menyampaikan bahwa, kendala ini harus diselesaikan sehingga pembangunan 5 BTS ini tetap dilaksanakan di Kaimana. Oleh karena itu, kalau tidak ada halangan, dalam waktu dekat kami akan bertemu dengan pihak kementerian, dan kalau mereka ada waktu, nantinya, kami akan koordinasikan dengan pak bupati, sehingga beliau bisa bertemu langsung dengan pihak kementerian, untuk membicarakan kendala ini,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kaimana, Moses D. Werinussa, ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya, Jumat (21/6) kemarin mengatakan, bahwa kebutuhan masyarakat akan teknologi dan informasi di Kaimana sudah semakin tinggi. Sehingga pemerintah wajib menyediakan dukungan sarana prasarana kepada masyarakat.

“ Di Era sekarang ini, kalau kita cermati baik maka, kebutuhan masyarakat akan teknologi dan informasi sudah semakin tinggi. Sementara disatu sisi, pelayanan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan juga membutuhkan akses informasi yang cepat dan akurat. Selama ini memang pemerintah masih terkendala pada kemudahan akses. Apalagi kita di Kaimana yang geografisnya yang sangat sulit. Sehingga harapan kami, dengan adanya penambahan BTS ini, masyarakat semakin mudah mendapatkan informasi dan teknolgi, tetapi pemeirintah daerah juga bisa lebih optimal dalam melaksanakan pembangunan di Kabupaten Kaimana ini,” ungkapnya.

Lanjut Moses, penambahan BTS di limat titik ini juga membutuhkan dukungan dari semua pihak, termasuk masyarakat pemilih lahan yang nantinya akan ditempatkan BTS. “ Satu yang harus kita pahami bersama bahwa, pembangunan infrastruktur teknologi informasi ini sangat mahal. Dan kalau kita berharap pada APBD kita, maka akan sangat sulit. Oleh karena itu, kita harus meminta dukungan dari pemerintah pusat dalam hal ini pihak kementerian. Pihak kementerian ini kan mereka hanya memfasilitasi untuk pembangunannya. Sementara untuk lahannya ini kan pemerintah daerah yang siapkan. Sehingga kami berharap agar ada dukungan dari masyarakat terkait pembebasan lahan, sehingga apa yang kita cita-citakan bahwa masyarakat kit abisa mengakses teknologi dan informasi ini bisa tercapai. Bahkan pelayanan pemerintah dan pembangunan di Kaimana, akan jauh lebih cepat maju dengan sudah terbukanya akses informasi ini, ”pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *