Disdukcapil Kaimana Keluhkan Pemadaman Listrik

Ekbis
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Setelah server diperbaiki dan sudah mulai bisa digunakan untuk melakukan perekaman e-KTP masyarakat Kaimana, satu lagi kendala yang dihadapi oleh Disdukcapil Kaimana adalah pemadaman listrik di Kaimana. Pasalnya peralatan yang dipergunakan untuk melakukan perekaman ini sangat sensitif ketika listrik padam.

Nampak suasana Pelayanan di Kantor Capil Kaimana

Untuk itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kaimana berharap agar persoalan padam lampu yang juga berdampak pada pelayanan perekaman e-KTP maupun pelayanan administrasi kependudukan lainnya akan menjadi terhambat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Kaimana, Wahab Pical, S.Sos ketika dikonfirmasi di Kaimana belum lama ini.

“Hari ini kami boleh bernafas lega, karena server kita sudah normal kembali. Hanya saja, salah satu kendala lagi terkait dengan pemadaman listrik ini. Karena kalau listrik dia padam, otomatis kita tidak bisa melakukan pelayanan, karena peralatan kita tidak bisa beroperasi. Kalau sudah seperti ini, maka kasihan masyarakat yang sudah datang ke kantor, dengan harapan agar ketika dia pulang ke rumah, dia sudah bisa bawa KTP ataupun surat kependudukan lain yang diurusnya di capil,” ungkapnya.

Menurutnya, hal ini akan disampaikannya kepada DPRD Kaimana, sehingga bisa dicarikan solusinya bersama-sama.

“ Peralatan kita ini kan sangat rentan, misalnya server. Kalau pada saat melakukan pelayanan ataupun perekaman, lalu tiba-tiba listrik padam, maka tentu akan berpengaruh terhadap peralatan kita. Peralatan kita ini sangat sensitive. Apalagi saat ini peralatan terutama server ini kan sangat mahal untuk versi terbarunya. Kalau untuk saat ini memang server kita sudah bisa digunakan, hanya saja masih versi lama, sehingga kita juga patut jaga itu. Kalau listrik tiba-tiba padam, dan berdampak pada peralatan kita, maka masalah baru lagi akan muncul. Sementara kami harus mengejar target perekaman yang sudah diberikan oleh pusat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kaimana ketika dikonfirmasi di gedung DPRD Kaimana, Senin (24/8) terkait kendala listrik yang dihadapi saat ini, menjelaskan bahwa, pada intinya DPRD Kaimana akan melihat persoalan yang dihadapi disdukcapil Kaimana, karena terkait dengan kebutuhan urgent masyarakat.

“Tadi pada saat finalisasi juga, kepala disdukcapil sudah menyampaikan kepada kami bahwa saat ini server sudah normal dan sudah mulai dilakukan pelayanan. Hanya saja, server yang digunakan ini masih versi lama. Sementara daerah-daerah lainnya sudah dengan peralatan versi terbaru. Ini juga pastinya, kami akan dorong diperubahan ini, kalau memang kebutuhan urgent,” ungkapnya.

Selain itu, terkait keluhan tentang pemadaman listrik, lanjut Irsan Lie, hal ini pastinya akan berdampak pada pelayanan, jika pemadaman listrik terhadi pada saat jam kantor atau pada saat pelayanan.

“ Tidak hanya disdukcapil, tetapi juga untuk OPD-OPD teknis lainnya. Tetapi untuk Capil ini memang sangat dibutuhkan. Karena ketika ada listrik baru mereka bisa melakukan pelayanan, baik perekaman maupun penerbitan surat kependudukan lainnya. Walaupun peralatan model terbaru, tetapi kalau tanpa listrik yang memadai, tentu saja akan berdampak pada pelayanan kepada masyarakat. Kalau memang diusulkan, dan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat, khususnya untuk pengurusan administrasi kependudukan, maka akan kami dorong,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *