Dimasa Pandemi Covid-19 Kodim Fakfak Sulap Lahan Tidur menjadi Kebun Sayur

Ekbis
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Fakfak,Honaipapua.com, -Dalam rangka mendukung pemerintah untuk mensukseskan program ketahanan pangan, Kodim 1803/Fakfak melaksanakan kegiatan penanaman perdana sayuran berupa cabe, Terong, Kangkung, Bayam dan Tomat di dua tempat, yaitu, Kampung Kanantare dan Kampung Air Besar, Distrik Fakfak Tengah Kabupaten Fakfak, Jumat (11/06/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 1801/Fakfak Letkol Inf Doddy Yudha Perwira,S.I.P,M.Tr (Han) saat memberikan sambutan mengatakan, di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, kebutuhan akan bahan pokok adalah kewajiban. Untuk itu, kami memberikan contoh kepada masyarakat dengan penanaman sayuran.

Alhamdulillah, ucap syukur Dandim, pagi ini kita bisa lihat bersama-sama menanam perdana sayuran berupa Cabe,Terong, Kangkung, Bayam dan Tomat dengan memanfaatkan lahan tidur yang sebelumnya dilaksanakan pembersihan lahan bersama-sama masyarakat setempat.

” Ini semua kami lakukan guna mendukung dan mensukseskan program ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Fakfak.
“Kami siap membantu para kelompok tani dalam mewujudkan ketahanan pangan,” tuturnya.

Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia. Setiap manusia memiliki hak untuk memenuhi kebutuhan pangannya. Agar kebutuhan pangan masyarakat bisa tercapai, maka perlu dilakukan berbagai upaya, salah satunya adalah dengan cara mewujudkan ketahanan pangan seperti yang dilakukan Kodim 1803/Fakfak bersama kelompok Tani.

“Ke depan diharapkan, melalui kegiatan ketahanan pangan ini, selain dapat membantu masyarakat dalam pemenuhan gizi dan alternatif sayuran untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, juga untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat,” terang Dandim.

“Setelah kegiatan hari ini, harapannya ke depan kelompok tani bisa merawat dan menjaga tanaman-tanaman ini sampai bisa panen, sehingga dapat menyiapkan pemenuhan kebutuhan sayur dan dimasak sendiri,” ucapnya.

Penanaman perdana berbagai jenis tanaman sayuran dalam rangka Ketahanan Pangan di wilayah Kodim Fakfak ini bermaksud mengajak seluruh elemen bangsa untuk menemukan solusi yang inovatif dan berkelanjutan guna menjawab tantangan di masa pandemi Covid-19. Selain itu juga untuk menjamin ketersediaan pangan cukup, aman, baik pada tingkat nasional, daerah, hingga rumah tangga, utamanya bagi masyarakat Fakfak

Diakhir sambutan, Dandim berharap para kelompok petani yang ada di dua kampung ini dapat memenuhi kebutuhan pangan di wilayah dan mudah – mudahan bisa menjadi contoh bagi Kampung lainnya.

Perlu diketahui, dalam kegiatan tersebut, dihadiri Ketua Persit KCK Cab XIV beserta pengurus,kepala Kampung,PPL Kab. Fakfak,kelompok Tani dan anggota Koramil setempat. (***)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *