Bantuan Tangan Kasih Tahap II Akan Didistribusikan

Ekbis
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Bantuan tangan kasih Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk tenaga kerja formal dan informal tahap II akan didistribusikan dalam waktu dekat. Namun, pencairan bantuan tangan kasih tahap II ini disesuaikan dengan jadwal Gubernur Provinsi Papua Barat, Drs. Dominggus Mandacan.

Kepala Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Kaimana, Siti Rahma Iribaram, SE, M. Si

Dari berita yang disampaikan melalui beberapa media online Papua Barat, bantuan tangan kasih tahap II untuk beberapa kabupaten/kota yang ada di Papua Barat, sudah didistribusikan. Sementara untuk beberapa kabupaten/kota lainnya belum didistribusikan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas PMPTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Kaimana, Siti Rahma Iribaram ketika dikonfirmasi di tempat kerjanya, Jumat (18/12).

“Untuk penyaluran bantuan tangan kasih tahap II untuk Kabupaten Kaimana, masih harus menunggu konfirmasi dari pemerintah provinsi. Nanti pak Gubernur akan kesini dan kita sementara menunggu jadwalnya beliau. Sebenarnya sudah dilakukan, hanya saja beberapa waktu kemarin terkendala pada pesawat carter yang digunakan beliau, hingga kita masih harus menunggu jadwal beliau selanjutnya,” ungkapnya.

Wanita yang kerap disapa dengan Ibu Yama ini menjelaskan bahwa, penyerahan bantuan tangan kasih tahap II ini juga akan diserahkan secara simbolis oleh Gubernur Papua Barat, seperti pada penyerahan bantuan tangan kasih tahap pertama.

“Untuk jumlahnya ada perubahan, karena dari total kemarin yaitu sekitar 3.700-an itu,
mendapatkan pengurangan. Pengurangan ini terjadi karena ada pegawai negeri maupun tenaga kontrak yang harus dikeluarkan. Begitu juga beberapa karyawan yang sudah keluar dari Kaimana. Sehingga dari total penerima tahap pertama ini dia kurang sampai 3.100-an saja,” ungkapnya.

Ketika disinggung soal tambahan 1.000 penerima tangan kasih untuk Kabupaten Kaimana, lanjut Yama, ada kemungkinan didistribusikan secara bersama-sama.

“Kemarin itu sempat diinformasikan bahwa akan dicairkan yang tambahan 1000 penerima tangan kasih itu. Tapi dalam perjalanan tidak ada petunjuk lebih lanjut. Jadi ada kemungkinan yang tambahan 1000 penerima ini, dia bersamaan dengan tahap kedua. Nanti teknis pencairannya seperti apa, kami menunggu petunjuk dari pemerintah provinsi. Apakah nanti tambahan 1000 ini dia langsung enam bulan, atau tidak, itu nanti teman-teman provinsi yang mengatur itu. Kami di kabupaten hanya melaksanakan petunjuk dari pemerintah provinsi Papua Barat,” jelasnya.

Walaupun demikian, Yama menegaskan bahwa sampai saat ini belum ada kepastian kapan bantuan tangan kasih tahap II ini akan diserahkan oleh Gubernur Papua Barat.

“Kami masih menunggu konfirmasi dari pemerintah provinsi. Untuk batas waktunya pendistribusian memang sampai bulan Januari tahun 2021. Hanya saja, dari pemerintah daerah Kaimana, kami meminta supaya kalau bisa diserahkan sebelum hari Natal, karena banyak saudara-saudara kita yang Nasrani yang akan merayakan Natal, dan bantuan ini bisa sedikit membantu mereka menghadapi Hari Raya Natal. Kami pasti akan sampaikan ke masyarakat, kalau sudah ada kepastian pendistribusian bantuan tangan kasih tahap II. Sehingga kita harus bersabar dan menunggu sampai ada kepastian kapan akan diserahkan bantuan ini,” pungkasnya. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *