DAP: Selamat dan sukses kepada 4 KADA Yang dilantik

Adat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Manokwari,Honaipapua.com, -Atasnama Masyarakat Adat Papua Wilayah III Doberay Papua Barat mengucapkan selamat dan sukses kepada 4 kepala daerah yang baru dilantik menjadi Bupati dan wakil Bupati dihari ini, Jumat (26-2-2021).

Ketua DAP WILAYAH III Doberay Papua Barat, Mananwir Paul Finsen Mayor,S.IP, mengatakan, pihaknya dan atasnama masyarakat Adat Papua Wilayah III Doberay Papua Barat adalah semoga dengan terpilihnya Bupati dan wakil Bupati yang sudah di Lantik hari ini, kedepannya dalam menjalankan roda pemerintahan daerah wajib hukumnya memperhatikan hak-hak dasar masyarakat adat Papua seperti tercantum dalam UUD 1945 Pasal 18B, Undang undang nomor 21 tahun 2001 tentang otonomi khusus bagi provinsi Papua.

Terutama terkait dengan hak hak dasar masyarakat adat Papua seperti tercantum dalam pasal 43 undang-undang nomor 21 tahun 2001 tentang otonomi khusus bagi provinsi Papua itu dipasal 43 jelas tentang keberpihakan/diskriminasi positif, perlindungan, penghormatan, dan pemberdayaan hak hak dasar masyarakat adat Papua. Ini Perintah undang-undang jelas jadi kedepannya agar kepala daerah yang baru dilantik sebagai bupati dan wakil Bupati dihari ini, agar selalu bersikap adil dan bijaksana dalam mengambil kebijakan pembangunan.

Masyarakat adat Papua juga mendukung program pemerintah dalam hal pembangunan sepanjang itu menguntungkan masyarakat adat Papua. Kemudian jangan ada lagi dendam politik kepada masyarakat adat di daerah karena dengan demikian akan menghambat pembangunan di daerah.

Perlu diketahui bahwa hari ini, Gubernur Papua Barat, Drs Dominggus Mandacan, melakukan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan terhadap bupati dan wakil bupati Raja Ampat hasil Pilkada serentak 2020, Abdul Faris Umlati, SE dan Orideko Iriano Burdam, S.Ip, MM.Ec.Dev.

Bupati dan wakil bupati Raja Ampat dilantik bersama bupati dan wakil bupati Manokwari, Manokwari Selatan (Mansel) dan Pegunungan Arfak (Pegaf) di gedung PKK dan Auditorium Provinsi Papua Barat, Jumat (26/2/2021).

Sebelum dilantik, Faris Umlati dan Oridek Burdam bersama Bupati dan wakil Bupati Manokwari, Mansel dan Pegaf, menandatangani pakta integritas di hadapan gubernur Dominggus Mandacan.

Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan, dalam sambutannya usai melantik bupati dan wakil bupati Raja Ampat bersama bupati dan wakil bupati Manokwari, Mansel dan Pegaf, berharap usai pelantikan, para bupati dari Raja Ampat, Mansel, Manokwari dan Pegaf dapat bersinergi dengan seluruh lapisan masyarakat di daerah masing-masing.

“Saya berharap, setelah dilantik bapak-bapak kepala daerah ini sesegera mungkin bersinergi dengan semua lapisan masyarakat di daerah masing-masing,” ujar Dominggus Mandacan.

Pelantikan di masa pandemi Covid-19 ini berbeda, dimana kehadirannya terbatas hanya di hadiri oleh keluarga dan pejabat tertentu.

Untuk diketahui acara pelantikan diatur secara protokoler dan memberlakukan Prokes Covid-19 yang ketat. Peserta pelantikan wajib melakukan Rapid Antigen sehari sebelum acara pelantikan dimulai. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *