Anggota DPD RI, Pembela HAM dan Akademisi Senior sebagai Pembicara Seminar DAP

Adat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Manokwari,Honaipapua.com, -Pada hari ini Sabtu (7/8) di Kantor DAP Wilayah III Doberay/ Papua Barat di Jalan Ciliwung Sanggeng depan Pom Bensin Biryosi telah dilaksanakan Seminar Sehari yang dilakukan dalam Rangka Memperingati Perayaan Hari Masyarakat Adat Se Dunia di Manokwari Papua Barat.

Kepada media ini melalui Press Releasse, Ketua DAP Wilayah III Doberay/Papua Barat, Mananwir Paul Finsen Mayor,S.IP, menyebutkan, Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay/Papua Barat yang membawahi sebelas Kabupaten kota di Papua Barat sebagai Rumah Besar Masyarakat Adat Papua Wilayah III Doberay Papua Barat mengundang Tokoh-Tokoh Masyarakat Adat Papua, Para Kepala Suku dan Ketua Dewan Adat Suku untuk juga hadir dalam Sosialisasi Keberadaan dan Eksistensi Dewan Adat Papua, serta Undang undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua.

Tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman dan informasi yang benar tentang Keberadaan dan Kepemimpinan Dewan Adat Papua. Kemudian Penting sekali memberikan pemahaman dan informasi yang benar dan menyeluruh terkait dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua Atas Undang-undang Nomor 21 Tahun 2001 tentang Otonomi Khusus Bagi Provinsi Papua.

Acara ini dihadiri oleh Tokoh-Tokoh Penting di Manokwari dan Juga Provinsi Papua Barat seperti Ketua Sherly Parinusa,M.Th Persekutuan Gereja-Gereja Papua di Papua Barat (PGGP PB) yang membawahi 53 Dedominasi Gereja yang ada di Provinsi Papua Barat. ” Ketua Turut Hadir bersama dengan Wakil Ketua PGGP PB Bapak Pendeta S. Menufandu,M.Th dan Juga Ketua dan Wakil Ketua Klasis GKI Manokwari, Wakil Ketua MRPB Ibu M. Kawab, SH., MH, Pejabat Pemerintahan di Lingkungan Provinsi Papua Barat dan juga Kementerian terkait yang turut diundang, “sebut Paul.

” Acara yang digelar berlangsung sangat baik dan banyak yang mengajukan pertanyaan dan Pernyataan yang memboboti Kerja Kerja Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay Papua Barat kedepannya, “sebut Paul lagi.

Hadir sebagai Pembicara dalam Seminar Sehari ini, antara lain, Anggota DPD RI Perwakilan Provinsi Papua Barat Dr. Filep Wamafma, SH.,M.Hum.,C.LA yang Juga Ketua Pansus RUU Otsus Papua di DPD RI, Dr. Agus Sumule selaku Akademisi UNIPA dan juga terlibat Dalam Pembuatan RUU OTSUS PAPUA pada tahun 2000-2001, Advokat Yan Ch Warinussy, SH selaku pembela HAM di Tanah Papua yang juga Penerimaan Penghargaan Jhon Humphrey Award dari Pemerintah Negara Canada sebagai Pembela HAM di Dunia, dan Terakhir Mananwir Paul Finsen Mayor,S.IP Ketua Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay/Papua Barat.

Keempat Pembicara ini memaparkan Materi sesuai dengan Tupoksi mereka masing-masing dan sangat menggugah hati para hadirin yang menghadiri Acara tersebut.

Kesimpulan dari Seminar Sehari ini adalah memberikan kepercayaan kepada Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay Papua Barat untuk tampil digarda terdepan dalam memperjuangkan Hak Hak Dasar Masyarakat Adat Papua sesuai Dengan Amanat Kongres Rakyat Papua Tahun 2000 yang turunannya ada dalam UU Otsus Papua. Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay Papua Barat juga bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan Provinsi Papua Barat sebagai Mitra Strategis dalam Pembangunan berkelanjutan di Provinsi Papua Barat yang menguntungkan bagi Masyarakat Adat Papua dan menjadikan Orang Papua menjadi Tuan Di Negerinya sendiri.

Acara selanjutnya adalah akan dilaksanakan Pembagian 200 Paket Sembako bagi Janda Duda dan Anak Yatim Piatu, Sosialisasi Bahaya Covid-19 dan Cara-cara Penanganannya, Pembagian Masker dan lain lain.

Setelah itu acara seminar ditutup dengan Ibadah Perayaan Hari Masyarakat Adat Se Dunia dan Pagelaran Budaya Nusantara yang akan dilaksanakan di Area Jalan Ciliwung Sanggeng.

Paul menambahkan, acara ini didukung oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam hal ini, BPBD Provinsi Papua Barat, Satgas Covid-19 Papua Barat dan juga Biro Perekonomian Daerah Provinsi Papua Barat dan juga secara Pribadi Beberapa Pimpinan dan Anggota DPR PB.

” Dewan Adat Papua Wilayah III Doberay/ Papua Barat mengajak Kita Semua untuk Selamatkan Manusia, Tanah dan Sumber Daya Alam Papua, “ajak Paul. (***)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *