Bapenda Sorsel Sosialisasi Pemungutan Retribusi Pasar

Serba-serbi
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Teminabuan,Honaipapua.com,- Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sorong Selatan, melalui bidang Retribusi membentuk Tim Kemitraan ‘Stakeholder’ menggelar sosialisasi kemitraan ‘Stakeholder’ dalam rangka menghasilkan Retribusi pasar Kajase Teminabuan.(10/7) yang berlangsung di area pasar Ikan Kajase Teminabuan.

Margaretha Antoh,S.IP selaku Kepala Bidang Retribusi, menjelaskan, kegiatan ini akan dilaksanakan dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, namun melalui program jangka pendek pihaknya saat ini telah melakukan sosialisasi kepada sejumlah Tim Kemitraan yang terdiri dari pemerintah maupun pelaku usaha di pasar Ikan Kajase.

” Hal ini dimaksudkan untuk kembali mengfungsikan pemungutan Retribusi bagi pedagang ikan di pasar ikan Kajase Teminabuan, yang selama ini sejak tahun 2016 tidak berjalan,”ungkapnya

Eta Antoh menambahkan, pihaknya berupaya menetralkan kembali Retribusi Pasar Ikan Kajase Teminabuan, yang selama ini sudah tidak berjalan sejak tahun 2016, dengan demikian dapat memberikan dampak positif bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sorong Selatan.

Selain itu, pihaknya juga akan berupaya mendata kembali kepemilikan Los Pasar di Pasar Kajase, karena banyak pemilik Los pasar yang belum membayar Retribusi pasar Kajase.

Kedepan Los los pasar yang tutup akan di upayakan untuk diaktifkan kembali sehingga dengan sendirinya dapat memberikan kontribusi berupa PAD bagi Kabupaten Sorong Selatan Pasalnya Tim Kemitraan Stakeholder yang dibentuk ini juga melibatkan para pelaku ekonomi sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan pihaknya mengetahui banyak akar permasalahan di tingkat para pedagang.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, pihaknya telah melakukan pendataan dan didapati banyak los pasar yang tidak menyetor Retribusi, karena selama ini masih banyak yang di tutup. Untuk itu, pihaknya akan berupaya untuk mengaktifkan kembali Los Pasar ini.

” Sementara itu dikalangan pedagang Ikan di Pasar Kajase sendiri, sampai saat ini tidak mau membayar Retribusi Pasar, karena satu permasalahan, yaitu, sampai saat ini Pemda Sorong Selatan, belum menyiapkan tenaga kebersihan di lokasi pasar Ikan, sehingga kebersihan dilingkungan pasar ikan dikerjakan sendiri oleh para pedagang dan inilah yang menyebabkan pedagang tidak mau membayar retribusi pasar,”ungkapnya

Ia menambahkan, dalam waktu dekat, pihaknya akan menyiapkan tenaga kebersihan dan kendaraan pengangkut sampah, sehingga semua sampah di lingkungan pasar ikan Kajase dan Pasar Kajase, secara keseluruhan dapat di atasi sehingga permasalahan ini dapat dituntaskan, ”Imbuhnya. (Engelberto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *