Wabup Sorsel Buka Kegiatan Rembuk Tani Tahun 2019

Seni & Budaya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Teminabuan,Honaipapua.com,- Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong Selatan, mengelar acara Rembuk Tani Kabupaten Sorong Selatan Tahun 2019 (03/08) bertempat di Aula P3W Teminabuan.

Hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Sorong Selatan, Drs.Martinus Salamuk, Asisten II Setda Kabupaten Sorong Selatan, Hendrik Yohan Kokurule,SE, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong Selatan, Leonard Momot,S.Pt, Ketua KTNA Sorong Selatan Yefta Lattu, Penyuluh Ketahanan Pangan, perwakilan Petani Nelayan dan Peternak di Kabupaten Sorong Selatan.

Ketua Panitia, Marianus Nong Desa, menjelaskan, kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi seluruh kelompok Tani, Nelayan dan Peternak serta Penyuluh Tani dan ‘ Stake Solder ‘ terkait di bawah naungan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong Selatan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membahas potensi dan permasalahan yang dihadapi dalam sektor Pertanian, sehingga dapat dirumuskan solusi dan upaya pemecahan masalah yang sesuai dengan rencana pembangunan Pertanian, dan Perikanan dilingkungan pemerintah Kabupaten Sorong Selatan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong Selatan, Leonard Momot,S.Pt dalam sambutanya mengatakan, setiap permasalahan tentunya harus diurung rembukan, demikian halnya apa yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan menggelar kegiatan ini, artinya, semua persoalan Petani Nelayan dan Peternakan akan diselesaikan, dipecahkan
secara bersama sama, “ungkapnya.

Dirinya berharap, mari kita saling mengisi dan memecahkan persoalan yang ada dan berupaya untuk mengembangkan RKPL, dalam rangka memanfaatkan pekarangan rumah yang ada.untuk bercocok tanam.

Sementara itu, Wakil Bupati Sorong Selatan Drs.Martinus Salamuk saat membacakan sambutan Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli,SE, mengharapkan kiranya kegiatan rembuk Tani dapat menyelesaikan permasalahan pertanian yg ada. Dirinya meminta agar harus ada sebuah gerakan baru, yaitu, gerakan tiap hari harus ada tambahan Luas Tambah Tanam, untuk berbagai komoditas di kabupaten ini, karena tanpa menanam, kita tidak akan bisa memanen dan tanpa memanen kita tidak akan bisa mendapatkan penghasilan.

Wabup juga menambahkan, kegiatan ini untuk mencari solusi dari setiap permasalahan yang terjadi di dunia Pertanian Perikanan dan Peternakan. Semoga dalam rembuk ini dapat membahas berbagai potensi dan permasalahan yang dihadapi oleh seluruh pemangku kepentingan pertanian di Kabupaten Sorong Selatan, sehingga dapat dirumuskan dan dirembukkan upaya pemecahan masalah yang sesuai dengan rencana pembangunan pertanian Pemkab Sorong Selatan di masa yang akan datang.

“ Kita juga akan terus meningkatkan produksi unggulan Kabupaten Sorong Selatan, berupa Tanaman Sagu dengan berbagai produk turunannya sebagai langkah peningkatan Ketahanan Pangan di Kabupaten Sorong Selatan yang akan terus kita promosikan ke seluruh Tanah Air, “imbuhnya.

Untuk itu, dengan kegiatan ini, para petani dihimpun dalam acara ini, agar dapat bertukar informasi, mencari solusi atas permasalahan yang selama ini mereka alami. Pasalnya, para petani diminta untuk dapat memanfaatkan bantuan yang telah pemerintah berikan kepada petani di antaranya traktor,mesin penggiling manual maupun mesin-mesin pertanian lainya Semua itu di harapkan dapat mempermudah petani dalam memulai pertanian maupun mengolah hasil pertanian.

Wabup berpesan kepada PPL, agar bekerja maksimal, memberikan penyuluhan kepada petani Sorong Selatan dan dapat meningkatkan hasil produksi yang berujung kepada kesejahteraan petani itu sendiri.

Dalam kegiatan ini Dinas Ketahan Pangan Kabupaten Sorong Selatan menghadirkan Nara Sumber yang berasal dari Balai Penyuluh Pertanian Kabupaten Sorong Iriyanto,SP.M.MA. (Engelberto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *