Fatayat NU PB Gelar Pelatihan Procesing dan Tata Kecantikan di Sorsel

Seni & Budaya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Teminabuan,Honaipapua.com,- Fatayat Nahdatul Ulama Provinsi Papua Barat bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Sorong, menyelenggarakan Pelatihan Berbasis Kompetensi Non Institional BLK Sorong Tahun 2019 Sub Kejuruan Procesing dan Tata Kecantikan, yang digelar di Auditorium GKI Marthen Luther Teminabuan (16/7).

Turut hadir dalam acara ini Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Yakob Thesia,S.Pd, Ketua Wilayah Fatayat NU Papua Barat Rusmiati,S.Pd, Kasi Penyelenggara pelatihan BLK Sorong Mika Bungin Bangalino,ST, Kepala Kantor Kementerian Agama Sorong Selatan Drs.D.M Syaranamual, Badan pengurus Fatayat NU Kabupaten Sarong Selatan, Utusan TP PKK Sarong Selatan, Utusan GOW Sorsel, serta utusan DWP Kabupaten Sorong Selatan, Pengurus Bhayangkari Sorong Selatan.

Ketua wilayah Fatayat NU Papua Barat, Rusmiati,S.Pd, dalam sambutanya mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama antara Fatayat NU Provinsi Papua Barat dengan BLK Sorong, dirinya menyampaikan terima kasih atas partisipasi pemerintah daerah dan undangan lainya dalam mengikuti prosesi pembukaan.

Dirinya menjelaskan bahwa Fatayat adalah organisasi perempuan muda yang berada dalam wadah besar Nahdatul Ulama yang bergerak dalam bidang Agama dan Sosial berusia antara 20 hingga 45 Tahun.

Fatayat yang beranggotakan Ibu-ibu muda yang berusia produktif diharapkan mampu kreatif dan mandiri serta mengembangkan bakat yang ada dalam diri masing masing anggota.

Pihaknya sangat berterima kasih dan berbahagia dengan adanya kerja sama ini sehingga dapat memperoleh Ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga fatayat yang ada di seluruh kabupaten di papua barat dapat memdapatkan ilmu serta keterampilan dan menggunakan ilmunya sehingga diharapakan dapat dipergunakan untuk diri sendiri dan membantu perekonomian keluarga kelak.

Sementara itu Mika Bungin Bangalino,ST selaku Kasi Penyelenggara pelatihan BLK Sorong dalam sambutanya mengatakan, dengan pelaksanaan kegiatan ini kami harapkan dapat meningkatkan perekonomian keluarga bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Melihat sejumlah hasil kekayaan alam di Sorsel yang begitu melimpah seperti udang dan lain sebagainya dirinya berharap agar dengan berakhirnya kegiatan ini kita akan mempromosikan Ikon baru di Sorong Selatan.

“ Pelatihan Kejuruan Prosesing adalah pelatihan kejuruan dibidang pertanian contohnya seperti pembuatan kripik keladi.dan di Sorong Selatan akan di upayakan dengan suatu produk berciri khas tertentu sehingga jika para wisatawan yang hendak melakukan kunjungan ke Sorong Selatan dapat memburu oleh oleh berupa makanan yang akan di kelolah ini, ” jelasnya.

Lanjutnya, pelatihan ini merupakan pelatihan yang tidak dipungut biaya peralatan dan bahan pelatihan serta instruktur difasilitasi seluruhnya oleh BLK Sorong.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 15 hari dan dikonversikan menjadi 120 jam pelajaran.Untuk diketahui bahwa siapapun dapat mengakses dan berhak meminta bimbingan dari BLK Sorong terutama dari lembaga Pemerintah,Yayasan,Gereja maupun Masjid ,”imbuhnya

Bupati Sorong Selatan dalam sambutanya yang dibacakan oleh Staf Ahli Bidang Sosial Budaya Yakob Thesia,S.Pd mengatakan, pemerintah daerah yakin bahwa untuk meningkatkan peran perempuan dalam mensukseskan pembangunan maka perempuan harus diberikan penguatan baik berupa informasi maupun skill sehingga dengan adanya lembaga organisasi, seperti fatayat ini yang bisa bekerja sama dengan balai latihan kerja (BLK) Sorong kiranya dapat memberikan outputnya dengan pelatihan yang dapat menigkatkan kapasitas atau pengetahuan secara meningkat, sehingga pengelolaan hasil pertanian khusus bahan pangan lokal dapat meningkat.

Kegiatan pelatihan keterampilan seperti ini, dapat mewujudkan pembangunan Sorong Selatan, secara lebih inovatif dan berkualitas sehingga perlu mengakses penyedia peningkatan kapasitas perempuan dengan Skill yang baik. (Engelberto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *