Masyarakat Aitinyo Raya Minta Pemda Segera Perbaiki Jalan Rusak

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Maybrat, Honaipapua.com,- Masyarakat Distrik Aitinyo Raya mengharapkan Pemerintah daerah Provinsi Papua Barat segera melakukan perbaikan jalan yang dinilai sudah rusak.

” Saya sedih melihat adik-adik kita yang berada di kampung Yaksoro, secara keseluruhan Distrik tertua (Aitinyo Raya) di Kabupaten Maybrat ini, yang tadinya mau melanjutkan SMU nya di kampung Jitmau, terpaksa melamar atau melanjutkan sekolah di SMU di Distrik Moswaren, “ujar tokoh masyarakat Aitinyo, Natalius Way, kepada Honaipapua.com, melalui telepon selulernya, Kamis (13/6).

Dikatakan Natalius, beberapa ruas jalan yang menghubungkan Distrik Aitinyo Tengah ke Distrik Aitinyo juga sudah rusak, untuk itu dirinya dan warga mengharapkan adanya perhatian penuh dari pemerintah daerah Provinsi Papua Barat dan Pemda Maybrat.

Menurut Natalius bahwa sesuai informasi yang diperolehnya bahwa sejak 2018, pemerintah daerah provinsi Papua Barat sudah mengerjakan ruas jalan dari kampung Fatigomi, Yaksoro, Aitinyo, Eway dan Athabu dan 2019, kembali dilanjutkan pengerjaannya tetapi belum sampai di Distrik Aitinyo Raya.

” Saya menilai kalau ruas jalan yang dikerjakan mulai dari Fategomi seperti yang dilihat, dapat disimpulkan bahwa hanya ada satu sumber dana pembiayaannya saja, hal ini terkesan lamban, tidak melihat segi dari aktivitas masyarakat yang berada di distrik lain, seperti kami yang berada di distrik Aitinyo Raya juga butuh jalan yang bisa dilewati dengan baik setiap harinya, seperti mama-mama yang berjualan, membawa hasil kebun ini sangat berhati-hati ketika melewati ruas jalan yang rusak, kalau rekan media belum lihat secara nyata, tapi saya ini yang menyaksikan secara dekat aktivitas masyarakat sehari-hari. Mama-mama kita harus tertatih-tatih membawa hasil kebun untuk dijual dan uangnya bisa membeli ikan, “terang Natalius.

Ia menambahkan, yang masyarakat inginkan adalah pemerintah daerah mengerjakan ruas jalan yang rusak, secara bersamaan seperti ruas jalan yang menghubungkan Distrik Aitinyo Raya ini, kalau dana APBD Pemda, APBD Provinsi dan dana APBN sinkronisasi untuk mendanai pengerjaan ruas jalan yang bersamaan, otomatis dapat diselesaikan dalam setahun anggaran berjalan saja. Masyarakat yang berada di Distrik Aitinyo ini merupakan Distrik yang tertua di wilayah kabupaten Maybrat, dan masuk didalam bingkai NKRI, sehingga tidak terkesan ada unsur ‘pilih kasih’ dalam membangun, “harapnya. (pic)

1 thought on “Masyarakat Aitinyo Raya Minta Pemda Segera Perbaiki Jalan Rusak

  1. Jalan di kedua wilayah yakni Distrik Mare Induk dan Mare Selatan, Kab. Maybrat lebih hancur dari permasalahan yang dialami Masyarakat Distrik Aitinyo Raya.
    Saran
    Mohon peliputannya kepada tokoh-tokoh masyarakat Mare yang ada di Kabupaten/Kota Sorong atau Maybrat guna mendapati kebenaran kondisi jalan di wilayah Mare.
    Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *