KPU Tetapkan DPT Kaimana Sebanyak 31.262 Pemilih

Papua Barat
Bagikan berita ini
  • 15
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
    15
    Shares

KAIMANA, Honaipapua.com,– Tahapan akhir waktu penetapan DPT, KPUD Kaimana menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil perbaikan DPSHP dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Kaimana pada pemilihan umum tahun 2019, yang diselenggarakan di aula serba guna PW GKI Rehobot Kaimana, Selasa (21/8).

DPT Kabupaten Kaimana pada pemilu 2019 ini ditetapkan sebanyak 31.262 pemilih, dengan rincian, pemilih laki-laki sebanyak 15.916 dan pemilih perempuan sebanyak 15.346 pemilih.
Daftar pemilih tetap (DPT) Kabupaten Kaimana ini pun dituangkan dalam berita acara dengan Nomor:77/PL.01.2-BA/9208/KPU-KAB/VIII/2018.

DPT yang ditetapkan ini pun mengalami peningkatan setelah ada perbaikan ditingkat KPU terhadap daftar pemilih sementara hasil perbaikan akhir yang disampaikan oleh masing-masing PPD.

Ketua KPUD Kaimana, Kristianus Maturbongs melalui divisi program dan datanya, Chandra Kirana dalam kesempatannya mengungkapkan bahwa DPT yang mengalami peningkatan ini setelah ada data tanggapan dari masyarakat terhadap DPSHP yang sudah ditetapkan oleh PPD.

Untuk DPT ini memang mengalami peningkatan setelah ada rekapitulasi data laporan dari masyarakat. Sehingga DPT kita menjadi naik, dari tiga puluh ribu sekian, menjadi tiga puluh satu ribu sekian.

” Data yang kami akomodir masuk dalam DPT ini juga banyak dialami setalah koordinasi kami lakukan dengan dinas terkait. Itu pun kita sinkronkan datanya melalui buku register yang ada di disdukcapil, ” ungkapnya.

Selain itu Chandra juga mengatakan bahwa proses penetapan DPT ini sudah sesuai dengan mekanisme yang ada dan diatur oleeh regulasi.

Terkait data pemilih ini, memang untuk pemilu kali ini, kami sesuaikan dengan juknis yang ada. Mulai dari DPS, DPSHP, DPSHP akhir, sampai pada penetapan DPT ini sudah sesuai dengan mekanisme, dan ada sistemnya yang kiita gunakan.

” Dalam mengakomodir pemilih dan tidak mengakomodir pemilih untuk masuk dalam DPT juga, kami mempunyai alasan yang kuat. Artinya data pemilih sesuai data yang diberikan oleh masyarakat ini harus sesuai dengan data yang ada di disdukcapil setempat. Sehingga kalau memang ada pemilih yang tidak ada NIK,NKK maupun namnya dalam data disdukcapil, maka akan kami delete, sementara pemilih yang punya akan kami masukkan ke dalam DPT, “ujarnya.

Sementara itu, dari data yang kami dapatkan, DPT untuk distrik Buruway sebanyak 2.172 pemilih dengan rincian, pemilih laki-laki sebanyak 1.145 dan pemilih perempuan sebanyak 1.027 pemilih. Distrik Kaimana dengan DPT sebanyak 20.504 dengan pemilih laki-laki sebanyak 10.314 dan pemilih perempuan sebanyak 10.190 pemilih.

Distrik Kambrauw dengan DPT sebanyak 1.401 dengan pemilih laki-laki sebanyak 741 dan pemilih perempuan sebanyak 660 pemilih. Distrik Arguni Atas dengan DPT sebanyak 2.650 dengan pemilih laki-laki sebanyak 1.347 dan pemilih perempuan sebanyak 1.303 pemilih.

Distrik rguni Bawah dengan DPT sebanyak 1.791 dengan pemilih laki-laki sebanyak 904 dan pemilih perempuan sebanyak 887 pemilih. Distrik Teluk Etna dengan DPT sebanyak 1.499 dengan pemilih laki-laki sebanyak 797 dan pemilih perempuan sebanyak 702 pemilih.

Sementara Distrik Yamor dengan DPT sebanyak 1.245 dengan pemilih laki-laki sebanyak 668 pemilih dan pemilih perempuan sebanyak 577 pemilih.

Terkait dengan DPT ini, KPUD Kaimana berencana akan menyerahkan salinannya untuk masing-masing partai politik mulai, Rabu (22/8), untuk diperiksa kembali oleh masing-masing partai politik.

” Untuk DPT ini kami harapkan supaya diserahkan juga kepada partai politik paling lambat 7 hari dari waktu penetapan DPT. Sehingga paling kurang tanggal 28 Agustus nanti, semua partai politik sudah mendapatkan salinan DPT ini. Apabila ada masukkan dari partai politik terkait DPT, maka bisa langsung melaporkannya ke Bawaslu, sehingga nanti kami akan berikan rekomendasi perbaikan kepada KPUD Kaimana, “ungkap Ketua Bawaslu Kabupaten Kaimana, Karolus Kopong Sabon, SE ketika dikonfirmasi usai rapat pleno terbuka. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *