GMNI Demo Damai Didepan Kantor SATKER PJN Wilayah II Sorong

Papua Barat
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

SORONG,Honaipapua.com, -Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sorong melakukan aksi demo damai, di Kantor Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVII Manokwari Propinsi Papua Barat (Sorong) yang beralamat di Jl Sapta Taruna Km 10 Masuk Sorong, Senin (16/9).

Dalam aksi tersebut, sebanyak 4 point tuntutan disampaikan oleh Koordinator Lapangan Farel S Sawiyai yang didampingi Ketua DPC GMNI Sorong Raymon Yekwam, diantaranya, mereka mendesak Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVII Manokwari Propinsi Papua Barat (Sorong) agar segera melakukan perbaikan jalan dari Gunung Malaumkarta Kabupaten Sorong sampai Gunung Dela di Kabupaten Tambrauw.

Kemudian mereka mendesak agar pihak Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVII bersikap transparan dalam proses pekerjaan jalan kepada publik, yakni, masyarakat yang merupakan pengguna jalan. Hal ini agar masyarakat dapat memahami guna menghindari konflik sosial dikemudian hari.

Tuntutan selanjutnya, yakni, pekerjaan jalan dari Gunung Malaumkarta sampai Gunung Dela adalah tanggung jawab Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XVII yang harus diselesaikan sesuai kalender kerja, mengingat ruas jalan tersebut merupakan akses jalan utama.

“Mengingat jalan tersebut pernah terjadi kecelakaan dan memakan korban jiwa beberapa waktu lalu, maka apabila dalam 30 hari kedepan setelah point tuntutan disampaikan dan tidak ditindak lanjuti, maka pihaknya akan melakukan aksi serupa dengan massa yang lebih banyak dan akan menutup segala aktifitas dalam kantor balai pelaksanaan jalan nasional,” ungkap Korlap Farel S Sawiyai saat membacakan point tuntutan.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen 02 Handayani Butar-Butar sebagai penanggung jawab atas ruas jalan dari Sorong-Makbon-Mega, mengatakan, apa yang menjadi tuntutan akan segera ditindak lanjuti.

Dijelaskannya, tahun ini, Kementerian PUPR mempunyai dua paket pekerjaan di ruas jalan Makbon-Mega yang didalamnya termasuk ruas jalan Malaumkarta-Dela. Yakni paket reservasi Makbon-Mega pengaspalan sepanjang 36 km dan perbaikan geometrik Makbon-Mega.

“Gunung-gunung yang tinggi dibabat dulu. Saudara-saudara kita yang di ujung sudah mengalami pengaspalan jalan dan sudah bagus. Perbaikan jalan ini kita lakukan secara bertahap tidak bisa satu bulan atau satu tahun langsung selesai, ini merupakan proyek multi years,” ungkap Handayani dihadapan para pendemo.

” Kita sudah usulkan kalau Malaumkarta-Dela ini sepanjang 36 km, Kami berharap kepada masyarakat agar bersabar karena jalan tersebut pasti di realisasi, “tambahnya lagi. (CJI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *