Kasad Hadiri Konferensi Kepala Staf AD Kawasan Indo Pasifik Tahun 2019 di Bangkok

Teras Honai
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

JAKARTA,Honaipapua.com, -Selama dua hari kedepan, bersama para pimpinan Angkatan Darat negara Indo-Pasifik lainnya, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika menghadiri 11th Indo-Pacific Armies Chiefs Conference (IPACC XI) di Bangkok.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Candra dalam keterangan persnya di Mabesad, Jakarta Pusat, Senin (09/09/2019).

Diterangkan Kadispenad, pertemuan para pimpinan angkatan darat tersebut, akan menjadi forum untuk meningkatkan kerjasama, stabilitas serta kemajuan berkelanjutan di kawasan Indo-Pasific, dalam menghadapi perubahan dan tantangan di dunia.

“Selain IPAAC, akan digelar pula, _43rd Indo-Pacific Armies Management Seminar_ (PAMS XLIII) yang merupakan seminar militer multilateral, diikuti oleh para perwira senior (Letnan Kolonel sampai Mayor Jenderal) se-Asia Pasifik untuk bertukar pandangan dan ide. Saat ini delegasi Indonesia dipercayakan kepada Brigjen TNI Steve Parengkuan, Staf Khusus Kasad,’’ terangnya.

“Dan juga, _5th Senior Enlisted Leaders Forum_ (SELF), forum dialog terbuka antar prajurit, selevel bintara senior untuk berbagi teori, membangun serta memelihara hubungan,’’ jelasnya.

Dikatakan Candra, seluruh kegiatan tersebut dilakukan TNI AD untuk turut serta dalam mengembangkan kerangka kerjasama (Kerma) Bilateral-Multilateral negara-negara Indo-Pasifik .

“Kegiatan tersebut ditandai oleh upacara pembukaan, dilanjutkan acara pleno gabungan dengan topik ‘Membangun kepercayaan di antara Angkatan Darat Indo-Pasifik dalam rangka mengurangi resiko dan konflik’.

“Pada hari kedua, Kasad dijadwalkan akan mengikuti pleno yang dihadiri para Ketua Delegasi IPACC, membahas tentang topik Membangun kerangka kerja sama multilateral dengan menggunakan tindakan-tindakan terbaik,’’ ujarnya.

Diterangkan Chandra, kegiatan setiap dua tahun sekali tersebut juga dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat Amerika Serikat yang bertujuan untuk peningkatan perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik melalui forum dialog dan hubungan persahabatan.

“Kegiatan ini sangat penting, karena seluruh para Kepala Angkatan Darat di Indo-Pasifik berkumpul dan berkomitmen membangun kepercayaan dan membina hubungan secara personal dalam menangani kepentingan dan tantangan bersama di wilayah tersebut,’’ jelasnya.

“Selain itu pula, dengan terjalinnya kerja sama keamanan kawasan Indo-Pasific, akan menciptakan sesuatu hal yang baru dalam kerja sama bilateral dan multilateral, dalam wadah dialog tentang tantangan keamanan yang paling mendesak di salah satu kawasan,” ungkapnya.

Di sela kegiatannya, lanjut Candra, Kasad juga dijadwalkan akan melaksanakan pertemuan Bilateral dengan Kasad negara peserta lainnya seperti Australia, Selandia Baru, Brunei Darussalam, Amerika Serikat, Thailand dan Kanada,.

“Rencananya Kasad akan berada di Thailand selama dua hari hingga 10 September 2019, didampingi Ketua Umum Persit Kartika Chandra Ny. Hetty Andika Perkasa dan Asisten Pengamanan (Aspam) Kasad Mayjen TNI M. Nur Rahmad,” pungkasnya.(Dispenad).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *