Masih Berpeluang, Ini Syarat Argentina Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2018

Olah Raga
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kapten timnas Argentina, Lionel Messi berjalan di lapangan pada akhir pertandingan Grup D Piala Dunia 2018 melawan Kroasia di Nizhy Novgorod Stadium, Rusia, Jumat (22/6). Kalah 0-3, Argentina kian sulit untuk melaju ke babak gugur. (AP/Petr David Josek)

Bola.com, Jakarta – Nasib Timnas Argentina di Piala Dunia 2018 bak di ujung tanduk menyusul kekalahan 0-3 dari Krosia pada laga kedua penyisihan Grup D di Nizhny Novgorod Stadium, Nizhny Novgorod, Jumat dini hari WIB (22/6/2018).

Tak banyak yang memprediksi, Argentina bakal babak belur pada laga itu. Namun, semua sudah terjadi, dan kini selain wajib memenangi pertandingan terakhir di penyisihan Grup D, melawan Nigeria, Tim Tango juga harus menggantungkan asa lolos ke fase 16 besar dari hasil tim pesaing, dalam hal ini laga Nigeria vs Islandia yang akan dimainkan di Volgograd Arena, Volgograd, Jumat malam WIB (22/6/2018).

Kekalahan dari Kroasia membuat Argentina, hingga Jumat siang, atau sebelum laga Nigeria versus Islandia dimainkan, berada di urutan ketiga klasemen sementara Grup D dengan koleksi poin satu, selisih gol minus tiga (memasukkan satu gol, kemasukkan empat gol).

Pemuncak grup diduduki Kroasia dengan poin enam, selisih gol lima (memasukkan lima gol tanpa kebobolan). Kroasia sudah pasti lolos ke 16 besar.

Di peringkat kedua ada Islandia yang mengoleksi poin satu, selisih gol nol. Nigeria ada di posisi juru kunci lantaran belum mengemas satu poin pun. Selisih gol Nigeria, minus dua (belum memasukkan tetapi sudah kebobolan dua gol).

Dari statistik itu, mengacu pada regulasi yang diterapkan FIFA pada Piala Dunia kali ini, Argentina masih memiliki harapan lolos ke 16 besar.

Dalam menentukan peringkat akhir tim dalam satu grup, FIFA menerapkan urutan sebagai berikut:

Syarat Argentina Bisa Lolos ke 16 Besar

Yang pertama, poin. Kedua, selisih gol. Ketiga, jumlah mencetak gol (jika ada tim yang sama). Keempat, poin di atara tim terkait. Kelima, selisih gol di antara tim terkait.

Lalu yang keenam, jumlah mencetak gol di antara tim terkait. Ketujuh, poin fair play. Dan kedelapan, undian.

Mengacu pada aturan itu, Lionel Messi dkk. masih bisa melaju ke fase gugur, dengan catatan sebagai berikut:

Jika Islandia menang atas Nigeria, Argentina harus menang atas Nigeria. Jika Islandia kalah dari Nigeria, Argentina wajib menang atas Nigeria dengan selisih gol lebih baik dari Islandia.

Jika laga Nigeria vs Islandia berakhir imbang, Argentina wajib menang atas Nigeria, dengan catatan Islandia bermain imbang atau kalah dari Kroasia.

Jika Nigeria menang, Argentina harus menang atas Nigeria dengan selisih gol bagus sebagai antisipasi seandainya Islandia menang di laga terakhir penyisihan Grup D melawan Kroasia.

 

Para pemain timnas Argentina setelah dilumat Kroasia. (AP Photo/Ricardo Mazalan)

Sebagai tambahan, laga terakhir penyisihan Grup D Piala Dunia 2018 akan dimainkan secara bersamaan pada 27 Juni 2018 dini hari WIB.

Nigeria akan berhadapan dengan Argentina di Krestovsky Stadium, Saint Petersburg, sementara duel Islandia versus Kroasia dimainkan di Rostov Arena, Rostov-on-Don.

Sumber: FIFA, ESPN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *