Peserta Peda KTNA Sorsel Antusias Ikuti 11 Mata Lomba Inovasi

Manokwari Raya
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Bintuni,Honaipapua.com,- Kontingen Peda IV KTNA Kabupaten Sorong Selatan kerahkan Petani dan Nelayan mengikuti 11 Mata lomba peragaan unjuk tangkas dan asah terampil dalam bidang Pertanian Perikanan dan Peternakan yang di gelar (24/07/2019) diareal SP 1 Bintuni.

Saat ditemui Adolfince Persila Orisoe, SE.MM selaku Koordinator TIM Pekan Daerah dari Kabupaten Sorong Selatan yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang SDM & Kelembagaan Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sorong Selatan, menjelaskan, sebagai Ketua Tim Pekan Daerah Kabupaten Sorong Selatan, dirinya sangat antusias dengan digelarnya lomba peragaan unjuk tangkas dan asah terampil ini.

“ Ini merupakan momen yang terpenting dalam penyelenggaraan iven tahunan ini, menurutnya 11 mata lomba yang digelar ini menjadi inti dari pekan daerah diantaranya merupakan agenda penting dalam bidang pertanian untuk mengispirasi petani dan nelayan, “ungkapnya.

Selaku ketua tim dirinya merasa bangga akan hal hal baik yang diprogramkan dalam kegiatan ini karena menurutnya, 11 mata lomba ini, merupakan inovasi penting yang perlu dikaji dan perlu ditingkatkan oleh petani maupun nelayan serta penyuluh maupun pendamping.

Dalam 11 mata lomba ini terdiri dari lomba seleksi indukan dan ayam pejantan, lomba seleksi indukan dan kambing pejantan, lomba tangkap dan ikat kepiting, lomba tangkap belut, lomba tangkap ikan lele, lomba jahit jaring, lomba seleksi buah matang tanaman kakao, lomba kupas kelapa, lomba bajak lahan, serta lomba memipil jagung.

Sejumlah program pertanian maupun program perikanan dan peternakan memiliki andil yang besar untuk pengembangan program yang bermanfaat demi keberlangsungan bagi petani sendiri dan juga memberikan kontribusi yang besar bagi daerah yang kita pijak saat ini.

“Dengan momen ini saya merasa bangga dan berbesar hati karena kita datang dengan berbagai latar belakang yang berbeda dengan memiliki pengetahuan yang berbeda dan dengan keterbatasan masing masing,namun dengan kelebihan dan kekurangan diharapkan melalui momen ini semua peserta dapat saling mengisi,”tambahnya.

Ajang perlombaan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Panitia lokal PEDA KTNA kabupaten Bintuni Drs, Frans Awak, yang mana dalam sambutanya, Frans Awak menyampaikan, selamat dan sukses atas terselenggaranya Peda IV KTNA Bintuni 2019. Dirinya mengajak para peserta lomba untuk mengikuti perlombaaan ini dengan dengan cermat dan tangkas.

Sementara itu, Marten Krey selaku koordinator lomba menjelaskan, dengan pelaksanaan kegiatan ini, memiliki suatu kerinduan yang sangat besar, karena 11 mata lomba ini adalah roh nya petani dan nelayan dan menjadi inti dari kegiatan Pekan Daerah KTNA ini.

“ Saya berpesan agar seluruh peserta dapat menjaga tali silahturahmi dan menjaga ketertiban dan keamanan dalam perlombaan ini, selain itu juga disampaikannya bahwa kalah dan menang dalam perlombaan ini semua peserta diharapkan harus tetap bersatu,”ungkapnya. (EB)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *