Polres Sorsel Dan Pemda Gelar Pemusnahan Miras

Hukrim
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Teminabuan,Honaipapua.com, -Polres Sorong Selatan menggelar pemusnahan miras dengan jumlah total sebanyak 1.536 botol/kaleng/liter/plastik.

Acara pemusnahan ini dilaksanakan di halaman Mapolres Sorong Selatan, diawali dengan penandatanganan berita acara pemusnahan yang dilakukan oleh Wakapolres Sorong Selatan Kompol.Tutur Ompusunggu.S.Sos, Pemerintah Sorong Selatan yang diwakili oleh Asisten III bidang Administrasi Umum H Aris SKM,M.Kes, Danramil Teminabuan, Kasatpol PP Agustinus Makamur,S.Sos,MA, Kepala Kesbangpol yang diwakil oleh Marthen Nebore,SE, Ketua Dewan Adat Suku Tehit Michael Momot,S.Pd serta salah satu perwakilan anggota Ojek di Teminabuan.

Dalam pemusnahan ini di musnahkan Miras jenis Vodka sebanyak 960 botol, Bir Bintang 169 kaleng, Minuman keras lokal jenis cap tikus literan 230 liter, cap tikus plastic 100 plastik,dan sageru sebanyak 77 liter.

Proses penyitaan dan pemusnahan minuman keras ini atas dasar Peraturan Daerah Kabupaten Sarong Selatan No 20 Tahun 2007 tentang larangan pemasukan, penyimpanan dan pengedaran dan penjualan serta memproduksi minuman beralkohol. Serta merujuk pada Peraturan Daerah kabupaten Maybrat no.7 Tahun 2015 tentang minuman keras.

Wakapolres Sorong Selatan Kompol.Tutur Ompusunggu.S.Sos, dalam arahanya saat acara pemusnahan miras mengatakan bahwa, Polres Sorong Selatan tidak dapat melaksanakan tugas dengan melakukan operasi dan tindakan yang maksimal jika tidak ada dukungan dari semua pihak elemen masyarakat dan pemerintah daerah serta pihak TNI di Sorong Selatan.

“ Kami minta dukungan untuk bersama sama membantu pemberantasan dan peredaran minuman keras di kabupaten Sorong Selatan, dan analisa ataupun regulasi dari satuan Reskrim bahwa kejahatan yang timbul di wilayah Sorong Selatan 95 % diakibatkan oleh pengaruh minuman keras,” jelasnya.

Lanjutnya bahwa pelaku tindak pidana melakukan perbuatan tindak pidana dianataranya pencurian, kekerasan, pemerkosaan dan lain-lain yang diakibatkan oleh pengaruh minuman keras.

Untuk itu, Wakapolres berharap kepada Pihak Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat megajak untuk bersama meningkatkan sumber daya manusia di Sorong Selatan.

“Apabila ada indikasi masyarakat Sorong Selatan yang hendak menjual minuman keras kiranya segera melapor ke Polres Sorong Selatan,”pintanya.

Sementara itu, Bupati Sorong Selatan yang diwakili oleh Asisten III bidang Administrasi Umum H Aris SKM,M.Kes, mengatakan bahwa, selaku pemerintah daerah pihaknya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Polres Sorong Selatan dan jajaran yang telah menunjukan kinerja yang maksimal dalam memberantas miras di kabupaten Sorong Selatan, baik dengan melakukan pemeriksaan di wilayah perbatasan Sorong Selatan dan melakukan penyitaan ditempat tempat penjualan miras di kota Teminabuan semoga kedepan dapat ditingkatkan lagi.

“ Kami harapkan hasil kerja keras Polres Sorong Selatan ini, kiranya dapat menjadi tolak ukur bagi kita semua untuk lebih serius menangani ini karena ternyata miras masih bisa masuk ke wilayah kabupaten Sorong Selatan dan semoga menjadi evaluasi bahwa hasil sitaan ini dari tahun ketahun dapat menurun,” tambahnya.

Terkait Sumber Daya Manusia, kata Asisten, kedepan mari kita kembali memanfaatkan dan menempatkan personil di pos-pos yang telah dipersiapkan yang mana tahun tahun yang lalu sangat aktif dilakukan dalam rangka melakukan pemeriksaan dan penyitaan minuman keras bersinergi antara Satpol PP,TNI dan Polri, ” jelasnya.

Pemusnahan miras yang dilakukan kali ini merupakan hasil sitaan yang dilakukan Polres Sorong Selatan sejak 5 bulan yang lalu. (Engelberto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *