Dinas Perindagkop Kaimana Mulai Fungsikan Pasar Daging

Ekbis
Bagikan berita ini
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Kaimana,Honaipapua.com, -Dinas Perindagkop Kabupaten Kaimana sejak (15/8) kemarin telah mengoperasikan pasar daging di pasar Krooy Kaimana. Sebelumnya penjualan daging ini dilakukan di pasar ikan Kaimana. Langkah yang ditempuh oleh disperindagkop ini juga termasuk langkah cepat tanggap terhadap persoalan yang belum lama ini terjadi di pasar ikan Kaimana, terkait penjualan daging B2.

Kepala Dinas Perindagkop Kabupaten Kaimana, Agustinus Janoma, SE ketika dikonfirmasi di gedung pertemuan (16/8) usai pengukuhan pasukan pengibar bendera HUT RI ke-74, mengatakan, bahwa dirinya sudah melakukan koordinasi dengan beberapa pihak pemangku kepentingan di Kabupaten Kaimana, terkati pengeoperasian pasar daging ini.

“Mulai kemarin kami sudah aktifkan pasar khusus untuk penjualan daging di pasar rakyat, pasar yang baru itu. Sebelumnya kami sudah melakukan pertemuan dengan berbagai pihak, termasuk kepolisian, Satpol PP dan juga pengurus pasar, terkait persoalan yang kemarin sempat terjadi. Setelah rapat tersebut akhirnya disepakati bahwa pasar daging ini harus dioperasikan sehingga bisa meminimalisir terjadinya persoalan,” ungkapnya.

Ketika disinggung soal penjualan daging B2, lanjut Janoma, khusus untuk pedagang daging B2, akan ditempatkan ditempat terpisah dan berada paling belakang. “Khusus untuk daging B2 ini kami sudah sediakan tempatnya, dan itu paling belakang, dan tidak menyatu dengan daging lainnya yang bisa dikonsumsi oleh saudara-saudara kita seperti rusa, sapi dan lainnya. Khusus untuk B2 ini juga kami sudah rancang supaya tempatnya agak tertutup. Karena kita di Kaimana ini cukup heterogen dan banyak saudara-saudara kita yang muslim juga akan membeli dipasar daging, maka kami tempatkan penjualan B2 ini paling belakang, dan pastinya agak tertutup, untuk menghormati dan menghargai saudara-saudara kita yang muslim,” ungkapnya.

Sementara itu, DPRD Kaimana melalui Komisi B DPRD Kaimana beberapa waktu lalu sudah menghimbau kepada dinas terkait untuk segera memfungsikan pasar yang sudah ada tersebut.

“Kalau untuk pasar dibagian belakang, khususnya pasar daging ini kan sudah selesai dibangun. Beberapa kali kami turun kunjungan dan kami temukan bahwa belum jalan. Kami berikan apresiasi kepada dinas terkait karena sudah mulai mengaktifkan pasar daging ini. Kami berharap agar pasara daging ini juga diatur baik, sehingga sesama pedagang tidak ada persoalan. Atur dengan baik supaya saudara-saudara kita yang muslim juga tidak merasa terganggu dengan penjualan B2, karena tempatnya sudah terpisah sendiri,” ungkap Ketua Komisi B DPRD Kaimana, Jaquilina Claudia, S.Hut. (edo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *